Jumat, 07 Oktober 2016

Gejala Motor Tidak Bisa Distarter

Pengendara motor yang sedang mendorong motornya yang mogok
IndoNewz.com – Memiliki sepeda motor sekarang ini seperti sudah menjadi sebuah kebutuhan utama bagi setiap orang. Harga sepeda motor yang murah dan bisa dijangkau banyak orang, membuat sepeda motor menjadi primadona di kala macet. Sepeda motor memang memudahkan kita dalam beraktifitas, terutama saat kita sedang membutuhkan transportasi yang cepat dan mudah. Dengan sepeda motor, kita bisa menghemat waktu dibandingkan bila kita menggunakan angkutan umum.

Tapi segala kemudahan itu akan terkikis jika kita sebagai pemilik tidak memperhatikan kondisi sepeda motor yang di pakai. Banyak masalah yang akan timbul nantinya jika kita jarang atau tidak pernah melakukan perawatan terhadap motor kita. Ujung-ujungnya kita harus keluar uang  yang tidak sedikit untuk biaya service motor. Maka dari itu, kita sebagai pemilik harus mengenali gejala-gejala yang ada pada motor kita. Salah satu gejala yang akan saya bahas adalah motor yang tidak bisa di starter.
Ada banyak hal yang menjadi penyebab motor tidak bisa di starter, berikut akan di jelaskan penyebab motor tidak bisa distarter pada umumnya :
1.      Busi sudah mati
Busi adalah bagian yang penting dalam sepeda motor. Jika motor mogok atau ngadat, yang pertama dipikirkan adalah busi. Hal itu karena busi merupakan komponen yang punya fungsi dalam memberikan pengapian atau percikan api pembakaran pada kendaraan bermotor. Busi mati bisa disebabkan usia busi yang sudah lama dan pemilihan jenis busi yang tidak sesuai dengan kendaraan kita. Busi merupakan salah satu sparepart sepeda motor yang sering rusak, oleh karena itu perawatannya harus diperhatikan. Salah satu cara merawat busi adalah dengan membersihkan busi. Caranya adalah bersihkan busi dengan sikat yang sudah dilumuri bensin dan jangan pernah merendam busi pada bensin itu karena akan membuat kotoran semakin mengumpul pada busi. Kemudian setel jarak antara busi, tetapi biasanya itu tergantung pada jenis kendaraan bermotornya, karena banyak yang berbeda.

2.      Sistem pengapian tidak berfungsi dengan baik
Jika busi dalam keadaan aman, tapi motor belum bisa distarter, saatnya kita beralih untuk mengecek sistem pengapian pada motor kita. Berikut ini adalah jalur pengapian yang harus di cek
             Koil
·                       CDI
·                       ECU (pada motor injeksi)
·                       Aki (pada motor dengan sistem pengapian DC)
·                       Magnit
·                       Sepul
·                      Sistem perkabelan (urut kabel)

3.      Bensin tidak naik ke karburator
Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan bensin tidak sanggup naik ke salam karburator :
·         Selang vakum pada tanki bensin mengalami gangguan
·         Skep karburator yang macet
·         Saluran selang bensin terhambat
·         Terdapat kotoran pada bagian karburator, sehingga harus dibersihkan.

4.      Air yang masuk ke dalam sistem karburasi dan pembakaran
Water hammer merupakan istilah yang mengacu pada kondisi dimana ada air yang masuk ke dalam sistem karburasi, sehingga menyebabkan motor tidak mau menyala.
·         Air masuk melalui tanki bensin.
·         Air masuk melalui karburator dan knalpot (terutama saat terjadi banjir).
·         Air mengembun di dalam karburator karena terlalu lama didiamkan pada suhu yang dingin.

5.      Part starter elektrik sudah rusak
Gejala motor tidak mau distarter ini seringkali disebabkan karena sistem starter elektrik motor tersebut yang mengalami gangguan. Bisa juga karena adanya part-part seperti gir starter, bendik starter dan juga dynamo starter yang mengalami kerusakan, sehingga motor tidak mau menyala ketika di starter. Karena itu, penggantian dan juga pengecekan untuk part-part diatas juga harus dilakukan agar motor tetap bisa distarter.

6.      Kualitas bahan bakar buruk
Bahan bakar yang buruk juga bisa menjadi permasalahan berikutnya yang dapat menyebabkan motor menjadi tidak bisa distarter. Bensin yang masuk ke dalam tanki motor lalu bercampur dengan air,  menyebabkan motor menjadi tidak bisa distarter.

Untuk mencegah agar motor tidak bisa distarter, tentu saja kita harus melakukan perawatan rutin untuk motor kita secara berkala. Jika motor dalam kondisi prima, kita sebagai pemilik juga akan merasakan kenyamanan dalam berkendara.

Source : hargamotor.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019