Jumat, 28 Oktober 2016

Mengenal Sosok Edhi Soenarso



Edhi Soenarso, Pemahat Kebanggan Bangsa Indonesia (foto by static6.com)
IndoNewz.com – Sebagai warga Jakarta, pasti sudah tidak asing lagi dengan patung – patung yang sangat ikonik, seperti Monumen Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia, Patung Pembebasan Irian Barat yang ada di Lapangan Banteng, dan Patung Dirgantara yang ada di Pancoran.
Ketiga patung-patung tersebut adalah mahakarya dari seorang pemahat profesional bernama Edhi Soenarso. Edhi Soenarso adalah pemahat patung kepercayaan Soekarno yang lahir di Salatiga pada 2 Juli 1932.

Kini kita hanya bisa menikmati karyanya saja dikarenakan Edhi Soenarso telah meninggal dunia dalam usia 83 tahun. Edhi meninggal pada Senin (4/1/2016) pukul 23.15 WIB di RS Jogja International Hospital.

Almarhum belajar mematung saat menjalani masa-masa sebagai tawanan perang KNIL di Bandung. Dia lalu menempuh jalur pendidikan di ASRI dan Kelabhawa Visva Bharati University Santiniketan, India.

Source : detik.com

Tag : edhie soenarso meninggal dunia, edhie soenarso tutup usia, pembuat monumen selamat datang, pembuat patung pancoran, pembuat patung pembebasan irian barat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019