Selasa, 25 Oktober 2016

Pengaruh Islamofobia Terhadap Kaum Muslim Perempuan



Foto by forgetthebox.net
IndoNewz.com – Islamofobia adalah istilah kontroversial yang merujuk pada prasangka dan diskriminasi pada Islam dan muslim. Fenomena ini cukup banyak terjadi di negara-negara Eropa. Akibat dari fenomena tersebut, banyak umat Islam yang tinggal di Eropa menjadi korban bullying. Perempuan adalah target yang rentan untuk dijadikan korban dari Islamofobia. Sebuah survei yang dilakukan oleh pengajar di Universitas Teesside, Middlesbrough, Inggris, mereka menemukan 54 persen korban adalah perempuan.
Dikutip dari laman Dailymail, Selasa 1 Juli 2014, bahwa menurut keyakinan peneliti mereka dijadikan target halus, karena menggunakan pakaian tradisional muslim seperti niqab atau abaya. Dalam sebuah artikel harian The Independentyang ditulis oleh Jonathan Brown, menyebut bahwa empat dari lima pelaku tindak kejahatan itu diketahui pria. Yang lebih parah lagi, korban tindak kejahatan itu memilih untuk diam daripada melaporkannya ke polisi. 

Sementara itu, para pelaku tindak kejahatan itu didominasi kaum pria. Mereka berusia antara 10 hingga 30 tahun. Akibatnya, banyak perempuan muslim yang merasa trauma, sehingga menyebabkan mereka tidak berani keluar rumah.

Menurut pandangan Direktur Organisasi Keagamaan Tell Mama Project, Fiyaz Mughal, serangan akibat Islamofobia jarang dilaporkan. Ketakutan yang dialami oleh perempuan Muslim, jelas menjadi bukti nyata tindak kejahatan itu ada.

Source : viva.co.id

Tag : islamofobia, pengaruh islamofobia di eropa, perempuan korban islamofobia, sasaran islamofobia

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019