Selasa, 25 Oktober 2016

NTT Kembali Diguncang Gempa



Foto by erdan-maghfiroh-wordpress.com
IndoNewz.com – Lagi gempa bumi melanda Indonesia. Kali ini yang menjadi  korban adalah dua kabupaten di Nusa Tenggara Timur, yakni Timor Tengah Utara dan Alor. Gempa bumi terjadi di waktu yang berlainan. Gempa yang terjadi di Alor berkekuatan 3.2 SR terjadi pada Senin, 24/10/2016 pukul 17.23 WITA. Lokasi gempa berada di 08.03 LS, 124,80 BT di 40 km Timur Laut Alor dengan kedalaman 10 km.
Hari berikutnya, Selasa, 25/10/2016, gempa melanda Timor Tengah Utara berkekuatan 3,3 SR terjadi pukul 06.45 WITA di lokasi 09.01 Lintas Selatan (LS), 124, 24 Bujur Timur (BT) di 63 kilometer barat laut Timor Tengah Utara di kedalaman 66 km.

Menurut peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan lemah di rasakan di daerah Kalabahi dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau (I-II MMI). Terkait dengan peristiwa gempa bumi Alor, belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Karena itu masyarakat diimbau tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

Lebih kanjut Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Kupang Sumawan mengatakan “Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng. Dalam hal ini Lempeng Indonesia-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa bumi.”

Source : tempo.co

Tag : gempa NTT, NTT diguncang gempa, NTT dilanda gempa, gempa bumi NTT

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi