Selasa, 25 Oktober 2016

SBY Beri Penjelasan Soal Kasus Munir



Presiden RI ke 6, SBY (Foto by akarnews.com)
IndoNewz.com – Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), siang ini, Selasa (25/10/2016) di jadwalkan untuk memberikan keterangan soal kasus pembunuhan aktivis HAM, Munir Said Thalib di kediamannya, Cikeas, Kabupaten Bogor.
SBY berjanji akan menjelaskan kasus tersebut berdasarkan fakta, logika dan kebenaran. Sebelumnya melalui akun Twitter resmi miliknya, @SBYudhoyono, SBY sudah memberikan penjelasan singkat. Dalam kicauannya, SBY mengatakan ia berkoordinasi dengan para mantan menteri Kabinet Indonesia Bersatu untuk mempersiapkan penjelasan.

SBY mengatakan bahwa, “Kami akan membuka kembali semua dokumen, catatan, & ingatan- apa yang dilakukan pemerintah dalam penegakan hukum kasus Munir”

Menurutnya, saat Munir meninggal, 7 September 2004, dia belum berstatus sebagai calon presiden. Tiga pekan setelah dirinya menjadi Presiden, istri Munir, Suciwati, menemuinya. Selanjutnya untuk menindaklanjuti perkara itu, tim penyidik Polri berangkat ke Belanda.

Penjelasan singkat di akun Twitter SBY tersebut justru mendapat reaksi negatif Suciwati. Dia menyebut Susilo Bambang Yudhoyono tidak bertanggung jawab dalam kasus pembunuhan aktivis hak asasi manusia itu. Menurut Suci, seharusnya sejak dari dulu saat jadi Presiden, SBY angkat bicara soal kasus ini. Dia pun menilai langkah SBY saat ini hanya menunjukan sikap reaksionernya.

SBY semula mengatakan akan membentuk TPF yang tak hanya menyelidiki, namun juga menyidiki. Tapi melalui Keputusan Presiden Nomor 111 tahun 2004 yang diterbitkannya, TPF hanya berwenang menyelidiki. Padahal saat itu TPF dipimpin oleh seorang jenderal polisi

Source : cnnindonesia.com

Tag : kasus munir, dokumen tpf munir hilang, sby beri penjelasan kasus munir, suciwati istri munir, pernyataan sby soal kasus munir

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019