Rabu, 26 Oktober 2016

Pentingnya Menjaga Kehormatan Wanita Dalam Islam



Foto by arbamedia.com
IndoNewz.com – Miris ketika kita mendengar mengenai tindakan kekerasan dan pelecehan terhadap wanita. Ini sudah banyak terjadi, khususnya menimpa kepada saudara-saudara kita yang bekerja di luar negeri sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW). Tidak jarang mereka mendapat perlakuan yang merendahkan diri mereka, seperti kekerasan fisik, seksual hingga menjadi korban pembunuhan.
Tidak terbayangkan jika salah satu anggota keluarga kita yang wanita harus mendapat perlakuan semacam itu. Terkadang wanita yang mendapat perlakuan seperti itu adalah wanita-wanita yang tidak memiliki daya dan upaya untuk memberikan perlawanan. Mereka hanya bisa diam dan menangis menerima perlakuan yang merendahkan dirinya.

Ketahuilah saudaraku kaum lelaki, wanita adalah kunci kebaikan suatu umat. Wanita bagaikan batu bata, ia adalah pembangun generasi manusia. Maka jika kaum wanita baik, maka baiklah suatu generasi. Namun sebaliknya, jika kaum wanita itu rusak, maka akan rusak pulalah generasi tersebut.

Allah telah menciptakan manusia dalam jenis perempuan dan laki-laki dengan memiliki kewajiban yang sama, yaitu untuk beribadah kepada Allah. Dia telah menempatkan pria dan wanita pada kedudukannya masing-masing sesuai dengan kodratnya. Dalam beberapa hal, sebagian mereka tidak boleh dan tidak bisa menggantikan yang lain.

Keduanya memiliki kedudukan yang sama. Dalam peribadatan, secara umum mereka memiliki hak dan kewajiban yang sama. Hanya dalam masalah-masalah tertentu, memang ada perbedaan. Hal itu Allah sesuaikan dengan naluri, tabiat, dan kondisi masing-masing. Allah mentakdirkan bahwa laki-laki tidaklah sama dengan perempuan, baik dalam bentuk penciptaan, postur tubuh, dan susunan anggota badan.

Pentingnya menjaga kehormatan wanita bisa di lakukan dari hal-hal yang sederhana, seperti berikut :
Tidak berkata-kata yang sifatnya menghinakan atau merendahkan derajatnya.
Menjaga sikap dan perilaku kita di depan mereka.
Tidak menyentuh bagian-bagian tubuh wanita dengan sengaja.
Berusaha menjaga hawa nafsu pandangan dan seksualnya.

Menjaga kehormatan kaum wanita, baik yang berhijab atau tidak, penting dilakukan untuk menghindari diri dari berbagai macam fitnah. Selain itu, menjaga kehormatan wanita akan membuat lelaki dipandang terhormat oleh mereka.

Source : muslimah.or.id

Tag : wanita dalam islam, islam memandang wanita, kehormatan wanita dalam islam, menjaga kehormatan wanita dalam islam

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019