Senin, 07 November 2016

Apa Itu Istiqomah dan Pengertiannya Menurut Para Ahli



Istiqomah dalam Islam (Gambar by satujam.com)
IndoNewz.comIstiqomah dalam Islam memiliki arti tegak dan lurus. Arti lainnya bisa berarti konsisten. Dalam perkembangannya, jika kita mencari arti istiqomah dari para ahli, akan kita jumpai pengertian yang beragam.
Beberapa pengertian istiqomah menurut para ahli :
Menurut Abu Bakar Ash-Shiddiq R.A : Istiqomah itu tidak menyekutukan Allah dengan apapun juga.
Menurut Umar bin Khattab R.A : Istiqomah itu hendaknya untuk bertahan dalam satu perintah atau larangan dan tidak berpaling dari yang lain layaknya seekor musang.
Menurut Utsman bin Affan R.A : Istiqomah artinya ikhlas.
Menurut Ali bin Abi Thalib R.A : Istiqomah adalah melaksanakan suatu kewajiban.
Menurut Ibnu Abbas R.A : Istiqomah itu memiliki 3 macam arti: Istiqomah dengan lisan (Bertahan terus dalam membaca Syahadat), istiqomah dengan hati (Melakukan segala sesuatu dengan niat dan jujur) dan istiqomah dengan jiwa (Selalu melaksanakan ibadah dan ketaatan kepada Allah secara terus-menerus tanpa terputus).

Dalam Alquran (Q.S Fushilat : 30), Allah berfirman yang artinya “Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami adalah Allah kemudian mereka istiqomah pada pendirian mereka, maka malaikat turun kepada mereka (dengan mengatakan): “Janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu merasa sedih dan bergembiralah kamu (memperoleh) surga yang telah dijanjikan Allah kepadamu”.

Adapun menurut sebuah tafsir Aisar, pengertian dari istiqomah adalah mereka yang betul-betul yakin kebenaran agama islam, dengan tidak menukar dengan kepercayaan lain.Serta konsisten dalam menjalankan ibadah dan menjauhi kemungkaran, maka malaikat akan turun 2 kali kepadanya.

Jika diambil kesimpulan, yang dimaksud dengan istiqomah adalah konsisten dalam melakukan kebaikan. Teguh dalam satu pendirian dan tidak akan tergoyahkan oleh berbagai macam rintangan dalam mendapatkan ridho Allah Ta’ala.

Source : tandapagar.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019