Jumat, 21 Oktober 2016

Gempa 5.0 SR Guncang NTT Pagi Ini



Gempa 5.0 SR landa NTT pagi ini (20/10/2016)
IndoNewz.com – Setelah Subang di landa gempa bumi rabu kemarin, kali ini giliran kawasan Timur Tengah Utara (TTU) Indonesia, yakni Nusa Tenggara Timur (NTT) yang mengalami gempa bumi. Gempa berkekuatan 5 skala richter (SR) terjadi pada Jumat, 21/10/2016 pukul 04:50 WITA.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi dengan episenter terletak pada koordinat 9.17 LS dan 123.96 BT pada kedalaman 84 km. Belum ada laporan kerusakan akibat gempa sampai saat ini.

Menurut Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Klas I Kupang Sumawan, guncangan gempa lemah dirasakan di daerah Kefamenanu, dalam skala intensitas I SIG-BMKG atau (I-II MMI). Menurutnya gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami, karenanya masyarakat di daerah pesisir Utara TTU diimbau tetap tenang dan tidak terpancing isu. Masyarakat juga harus terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa ini merupakan gempa menengah akibat aktivitas subduksi lempeng. Dalam hal ini Lempeng Indonesia- Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa.

Source : tempo.co

Tag : gempa bumi, gempa bumi ntt, gempa bumi indonesia, gempa bumi indonesia timur, gempa bumi 5 sr

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019