Selasa, 11 Oktober 2016

Sukseskan Peparnas XV Jabar 2016



IndoNewz.com – Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) adalah suatu ajang kompetisi yang menyerupai Pekan Olahraga Nasional (PON), tapi khusus untuk penyandang disabilitas di Indonesia. Tahun 2016 ini, Peparnas memasuki gelaran yang ke XV dan diselenggarakan di Jawa Barat tanggal 15 – 24 Oktober 2016. Mengusung tema “Berjaya Di Tanah Legenda” memiliki makna bahwa berprestasi pada ajang PON XIX & Peparnas XV 2016 Jawa Barat adalah prestasi paripurna para atlet untuk melegenda di tanah legenda.

Acara pembukaan Peparnas XV sendiri akan di langsungkan pada Sabtu, 15 Oktober 2016 bertempat di Stadion Siliwangi, Jalan Lombok, Kota Bandung pukul 15.30 – 18.00. Acara pembukaan akan di isi dengan acara kembang api yang akan berlangsung di siang hari. Ini akan jadi kembang api siang pertama di Indonesia.

Cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Peparnas XV adalah :
·         Angkat berat
·         Atletik
·         Bola voli duduk
·         Bulutangkis
·         Catur
·         Goalball
·         Judo
·         Panahan
·         Renang
·         Sepak bola cp
·         Tenis lapang kursi roda
·         Tenis meja
·         Tenpin bowling

Logo peparnas XV Jabar 2016
Dalam logo Peparnas XV 2016 Jawa Barat, ada tiga lekuk dinamis yang merepresentasikan semangat dan dinamika para difabel untuk berjaya di tanah legenda Jawa Barat. Tulisan PON dan PEPARNAS berwarna biru sebagai simbol profesional. Angka Romawi berwarna merah dan tahun berwarna hitam menunjukan semangat penyelenggaraan ke sekian kalinya. Sementara tipografi khusus untuk frasa Jawa Barat mencerminkan kekuatan tradisi provinsi Jawa Barat sebagai penyelenggara.
Logo PON XIX dan PEPARNAS XV Jabar 2016
Maskot Peparnas XV Jabar 2016
Surili (Presbytis Comata) adalah sejenis primata endemik asli Jawa Barat. Keberadaannya hanya di kawasan hutan konservasi Taman Nasional Gede Pangrango dengan populasi hanya antara 4000 - 6000 ekor dan kondisinya sangat terancam punah. Surili bertubuh sedang. Bobot Surili dewasa antara 6 - 8 kilogram dengan panjang tubuh mencapai 60 sentimeter. Ekornya lebih panjang dibanding tubuhnya sendiri, yakni sekitar 72 sentimeter. Punggung Surili ditutupi bulu berwarna abu-abu, coklat gelap hingga hitam pekat. Ini kontras dengan tubuh bagian bawahnya yang berwarna pucat.
Pemilihan Surili sebagai maskot PON XIX dan PEPARNAS 2016 Jawa Barat dikarenakan kelucuan, kebersahajaan, kelincahan dan kehangatan lengkingannya mewakili sebagian sifat dan kemampuan para atlet. Sebagai maskot, Surili dikenakan Iket alias pengikat kepala khas Jawa Barat yang mencerminkan nilai luhur tradisi dan karakter masyarakat Jawa Barat, yakni “Cageur, Bageur, Bener dan Pinter”. Pemilihan satwa endemik tersebut sebagai maskot PON XIX dan Peparnas XV 2016 Jawa Barat ini juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat guna semakin melindungi dan melestarikannya.
Maskot PON XIX dan PEPARNAS XV Jabar 2016
Source : pon-peparnas2016jabar.go.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019