Selasa, 18 Oktober 2016

Cara Menghindari Dehidrasi Pada Anak


Foto by balitapedia.com

IndoNewz.comDehidrasi bisa terjadi pada siapa saja tanpa mengenal usianya. Mulai dari bayi sampai dewasa bisa mengalaminya. Oleh karenanya, kebutuhan air putih dalam tubuh harus selalu terpenuhi. Setiap hari minimal kita membutuhkan 2 liter air putih atau setara dengan 8 gelas. Air begitu penting karena dua pertiga tubuh kita mengandung air.

Kebutuhan air orang dewasa dengan anak-anak berbeda jumlahnya. Anak-anak lebih rentan mengalami dehidrasi, terlebih mekanisme haus pada anak belum terbentuk dengan sempurna. Bayi berumur 0 hingga 6 bulan memang hanya diperbolehkan mengkonsumsi ASI. Namun, di atas 6 bulan, bayi sudah waktunya diperkenalkan kepada air putih. Tujuannya adalah agar rasa air putih itu bisa direkam oleh anak sejak dini dan rasa ini membuat dia nantinya menyukai rasa sayur yang rasa aslinya mirip

Untuk menghindari anak-anak terkena dehidrasi, orang tua harus mengajarkan anak untuk minum air putih. Mereka harus di biasakan untuk minum sebelum haus. Kebutuhan air anak per hari ditentukan oleh faktor usia, berat, dan aktivitas yang umumnya sebagai berikut.

Usia 1-3 tahun       : 1,1 liter per hari atau sekitar empat gelas
Usia 4-6 tahun       : 1,4 liter per hari atau sekitar lima gelas
Usia 7-9 tahun       : 1,6 liter per hari atau sekitar enam gelas
Usia 10-12 tahun  : 1,8 liter per hari atau sekitar tujuh gelas untuk anak laki-laki dan 1,9 liter per hari atau sekitar delapan gelas untuk anak perempuan.

Source : tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019