Senin, 31 Oktober 2016

Halloween dan Asal Usulnya



Perayan Halloween di berbagai negara (foto by blog.tokopedia.com)
IndoNewz.com – Awalnya kita mengenal Halloween saat menonton film-film yang bertemakan horror. Tapi sekarang, di Indonesia, khususnya di kota-kota besar, banyak juga yang merayakan atau menggelar Halloween Party.
Tradisi yang ada pada Halloween adalah memakai kostum-kostum yang bernuansa horror, seperti monster, vampire, hantu, dan lain sebagainya. Jika di Indonesia kostum yang biasa di pakai, seperti kuntilanak dan pocong.

Tapi, tahukah kamu asal mula dari Halloween? Menurut wikipedia, kata Halloween pertama kali digunakan di abad ke-16. Kata ini merupakan varian dari kata Skotlandia yaitu All Hallows ‘Even (‘Evening ‘) atau ‘Malam Yang Sepenuhnya Suci/Keramat. Konon, Halloween itu dipengaruhi acara festival panen di Eropa Barat dan festival orang mati dari tradisi kaum pagan, terutama kaum Samhain Celtic.

Halloween diduga dipengaruhi hari-hari suci umat Kristen dari All Saints Day yang dirayakan setiap 1 November. Ini adalah hari perayaan untuk menghormati orang-orang kudus dan hari untuk berdoa bagi yang baru meninggal. Hari All Saints diperkenalkan tahun 609, namun pada awalnya dirayakan pada 13 Mei. Pada 835, harinya beralih ke tanggal 1 November atas perintah Paus Gregorius IV.

Dahulu, Gereja Kristian merayakan peringatan hari ”All-Saints” atau ”All-Hallows” pada siang hari 31 Oktober, dan pada malamnya mereka merayakan ”Hallows-Eve” (Malam Suci/Keramat) atau ”Halloween”. Umat Kristen mengadopsi beberapa warisan pagan dengan tetap meyakini bahwa pada malam tersebut, orang-orang mati berjalan diantara mereka dan para penyihir terbang di tengah-tengah mereka.

Secara perlahan-lahan, Halloween pun berubah menjadi bagian peribadatan dan kebiasaan keluarga. Di Amerika, biasanya perayaan ini dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga meminta permen atau cokelat sambil berkata "Trick or treat!" Ucapan tersebut adalah semacam "ancaman" yang berarti "Beri kami (permen) atau kami jahili."

Jadi perayaan hari Halloween sebenarnya adalah perpaduan perayaan kaum pagan dan Kristen, yang dipenuhi dengan ritual penyembahan kepada roh dan setan.

Source : republika.co.id

Tag : mengenal halloween, apa itu halloween, asal usul halloween, tradisi halloween, pesta halloween, sejarah halloween

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019