Sabtu, 29 Oktober 2016

Tips Mengatur Gaji Supaya Cukup Sebulan



Ilustrasi gambar by muhfajrii-wordpress.com
IndoNewz.com – Setelah sebulan bekerja, karyawan akan menerima gaji. Rasa senang sudah pasti menghinggapi. Terbayang niat untuk beli ini, beli itu, dan lain sebagainya. Hal tersebut sudah lumrah terjadi, terutama untuk karyawan baru atau yang belum berkeluarga. Mereka seakan tidak memiliki beban karena gaji yang di terima hanya untuk dinikmati sendiri.
Tapi sayangnya banyak yang lupa, kalau gaji yang diterima setidaknya bisa untuk menjadi modal hidup bulan depan. Karena sifat boros dan royal, gaji sebulan sudah habis di minggu pertama.

Akhirnya berhutang dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Pinjam uang ke orang tua, saudara atau teman sudah pasti dilakukan. Gaji yang di dapat bulan depan harus terpotong untuk membayar hutang. Jika dilakukan terus menerus, ini akan jadi kebiasaan yang buruk atau istilahnya ‘Gali lubang tutup lubang’.

Nah supaya gaji yang kita terima bisa cukup untuk sebulan kedepan. Hal-hal berikut layak untuk dicoba :

Membuat catatan pengeluaran rutin
Setiap bulan kamu wajib membuat catatan mengenai pengeluaran rutin kamu. Kamu juga harus tahu, kamu itu tipe seperti apa dalam berbelanja. Belanjakan uang sesuai dengan catatan yang sudah dibuat. Jangan mengeluarkan uang melebihi catatan yang sudah kamu buat sebelumnya.

Lunasi hutang dan cicilan
Hutang dan cicilan akan terasa berat jika tidak dilunasi tepat waktu. Oleh karenanya, hal itu harus menjadi prioritas utama kita dalam mengeluarkan uang.

Membeli barang diskon
Membeli barang-barang yang sedang diskon salah satu hal yang bisa membantu untuk menghemat pengeluaran. Dengan kupon diskon atau promo, kamu bisa membeli barang dengan harga yang murah.

Mengurangi makan diluar
Makan di restoran terlalu sering juga tidak baik, karena akan membuat gaji juga cepat habis. Mulailah dengan membuat sendiri makanan dari rumah, lalu makanan itu bisa kita jadikan bekal untuk makan siang.

Mencari uang tambahan
Di saat kita memiliki waktu yang senggang, kita bisa menggunakan waktu tersebut untuk mencari uang tambahan. Dengan sistem transaksi keuangan yang sudah online sekarang ini, kita bisa mendapat uang tambahan dengan cara itu.

Itu hanya beberapa contoh cara mengatur uang bulanan atau gaji yang kita terima. Pada intinya, kamu hanya harus disiplin dalam membelanjakan uang yang kamu punya. Kamu harus bisa membedakan mana yang jadi prioritas mana yang bukan.

Source : redaksi IndoNewz.com

Tag : cara mengatur gaji bulanan, tips mengatur gaji bulanan, cara pintar mengatur gaji bulanan, tips menghemat gaji bulanan, cara membuat anggaran bulanan, cara membuat pengeluaran bulanan, cara membuat pemasukan bulanan

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019