Jumat, 28 Oktober 2016

Mengenang 88 Tahun Sumpah Pemuda


Foto by smeaker.com
IndoNewz.com – Tepat hari ini, 28 Oktober 2016 menjadi peringatan Hari Sumpah Pemuda yang sudah genap 88 tahun. Seperti diketahui, pelajar-pelajar Indonesia  dari seluruh wilayah Nusantara menggelar Kongres Pemuda di Batavia (Jakarta) pada tanggal 27-28 Oktober 1928 lalu.
Kongres tersebut dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan yaitu Jong Java, Jong Batak, Jong, Celebes, Jong Sumatranen Bond, Jong Islamieten Bond, Jong Ambon, dan lainnya. Kongres itu juga dihadiri pengamat dari pemuda Tiong Hoa seperti Kwee Thiam Hong, John Lauw Tjoan Hok, Oey Kay Siang dan Tjoi Djien Kwie.

Hasil kongres yang dipimpin Soegondo Djojopoespito (23) menghasilkan tiga keputusan yang menjadi ikrar untuk mempersatukan rakyat Indonesia. Berikut bunyinya :

“Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia."

Peringatan Hari Sumpah Pemuda akan selalu menjadi refleksi buat para pemuda untuk melanjutkan perjuangan dalam rangka mempertahankan kesatuan negara Republik Indonesia. Sudah selayaknya pemuda menjadi harapan sebagai penerus masa depan negara, karena di tangan pemudalah negara bisa maju dan berkembang.

Mengutip dari pidato Bung Karno yang berbunyi,  “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia”

Source : tribunnews.com

Tag : peringatan sumpah pemuda, 88 tahun sumpah pemuda, memperingati hari sumpah pemuda

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019