Rabu, 19 Oktober 2016

Gempa 6.5 SR Landa Subang Pagi Ini



Gempa 6.5 SR landa Subang pukul 07.25 Rabu, 19/10/2016
IndoNewz.com – Pukul 07.25 tadi pagi, masyarakat sekitar Tangerang, Jakarta, Bekasi, Sumedang, Cikarang, Cirebon, Indramayu, Bogor, dan Cilegon merasakan gempa bumi. Guncangan yang terjadi berbeda pada setiap tempatnya. Dilaporkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, gempa berkekuatan 6,5 skala richter mengguncang Subang pagi ini, Rabu, 19 Oktober 2016. Menurutnya, gempa yang terjadi sekitar 5-8 detik tersebut dirasakan di beberapa wilayah bagian utara Banten, Jawa Barat, dan Jakarta.

Dilansir dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mencatat pusat gempa berada di Laut Jawa, tepatnya pada radius 120 kilometer di sebelah timur laut Subang dan pada kedalaman 654 kilometer di bawah permukaan air laut. Sutopo mengatakan, gempa itu tidak berpotensi terjadinya tsunami.

Menurut Sutopo, belum ada korban jiwa akibat gempa itu. Begitu pula dengan kerusakan bangunan. Dia memperkirakan, gempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan bangunan.

Sutopo menambahkan, gempa yang terjadi pagi ini cukup aneh karena bukan bersumber pada daerah-daerah besar atau subduksi, melainkan di dalam lempeng Eurasia. Hal ini perlu diantisipasi agar bangunan-bangunan tinggi memiliki konstruksi tahan gempa. Jabodetabek termasuk daerah rawan gempa yang sumbernya dari daerah sekitarnya.

Source : tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi