Sabtu, 29 Oktober 2016

Bahaya Rokok Untuk Hidupmu



kampanye anti rokok (foto by sehatplan.com)
IndoNewz.com – Larangan untuk merokok sudah banyak di terapkan di berbagai tempat umum yang ada di kota-kota di Indonesia. Meskipun larangan itu sudah jelas ada, tapi pelanggarnya pun masih tetap ada. Bahkan saat di tegur, mereka cuek saja dan lebih galak dari yang menegurnya. Tentu saja hal itu membuat kita akan emosi, tidak jarang terjadi keributan karena hal semacam itu.
Di dalam kemasan rokok sudah jelas tercantum bahaya dari merokok. Walaupun begitu penjualan rokok di manapun tetap saja banyak. Karena hal itulah, badan kesehatan dunia melalui World Health Organization (WHO) menyatakan perang terhadap rokok. Setiap tanggal 31 Mei, seluruh dunia merayakan World No Tobacco Day atau Hari Tanpa Asap Rokok.

Perlu diketahui bahwa dalam satu batang rokok mengandung zat-zat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh manusia, berikut zat yang terkandung dalam sebatang rokok.

Nikotin
Zat ini mengandung candu bisa menyebabkan seseorang ketagihan untuk trus menghisap rokok. Pengaruhnya bagi tubuh manusia seperti menyebabkan kecanduan atau ketergantungan, merusak jaringan otak, menyebabkan darah cepat membeku dan mengeraskan dinding arteri.

Tar
Bahan dasar pembuatan aspal yang dapat menempel pada paru-paru dan bisa menimbulkan iritasi bahkan kanker. Pengaruhnya bagi tubuh manusia, yaitu membunuh sel dalam saluran darah, meningkatkan produksi lendir diparu-paru, dan menyebabkan kanker paru-paru

Karbon monoksida
Gas yang bisa menimbulkan penyakit jantung karena gas ini bisa mengikat oksigen dalam tubuh. Dampaknya bagi tubuh manusia, seperti mengikat hemoglobin sehingga tubuh kekurangan oksigen dan menghalangi transportasi dalam darah.

Zat karsinogen
Zat yang bisa menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel-sel tubuh, dan hal ini mengganggu proses-proses biologis.

Zat iritan
Bahan yang karena reaksi kimia dapat menimbulkan kerusakan atau peradangan atau sensitisasi bila kontak langsung dengan permukaan tubuh yang lembab seperti kulit, mata, dan saluran pernapasan. Bahan iritan pada umumnya adalah bahan korosif. Efek yang ditimbulkan pada tubuh adalah mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru dan menyebabkan batuk.

Begitu bahayanya zat yang terkandung dalam rokok yang bisa merusak kesehatan tubuh kita. Yang jadi pertanyaan adalah masihkah kita ingin tetap merokok? Masihkah kita menyayangi keluarga kita dengan tetap merokok?

Source : redaksi IndoNewz.com

Tag : bahaya rokok bagi tubuh manusia, zat yang terkandung dalam rokok, penyakit yang ditimbulkan akibat rokok.

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019