Sabtu, 22 Oktober 2016

5 Negara Untuk Mengungsi Jika Terjadi Perang Dunia III



Foto by tinypic.com
IndoNewz.com – Situasi politik yang semakin memanas di Suriah, Irak, dan semenanjung Korea memicu spekulasi kemungkinan terjadinya perang global. Bahkan Turki memprediksi bahwa perebutan Kota Mosul dari ISIS, jika berlanjut sampai Suriah, berpotensi jadi cikal bakal World War III atau Perang Dunia III.

Sejumlah perkembangan dunia juga mengarah ke kondisi mengkhawatirkan. Seperti panggilan pulang Presiden Rusia Vladimir Putin kepada warganya di seluruh dunia, lalu peremajaan persenjataan nuklir AS demi mengimbangi kekuatan Rusia, yang baru saja menguji coba rudal nuklir awal pekan lalu lalu.

Jika perang dunia III memang terjadi dan kita harus mengungsi, berikut negara-negara yang bisa dijadikan tempat untuk mengungsi.

Selandia Baru
Selandia Baru mungkin adalah negara paling terisolasi, tapi salah satu yang paling maju di dunia. Negara itu tak pernah berbagi perbatasan dan terletak relatif jauh dari negara-negara lain. Tak hanya itu, Kiwi sebutan lain Selandia Baru tidak memiliki musuh. Negara itu memiliki demokrasi yang cukup aman dan landscape yang luas. Selain itu, Selandia Baru adalah negara nomor satu di Global Peace Index pada tahun 2009. Ia merupakan 10 negara terbaik jika ingin kabur dari konflik. Selandia Baru juga memiliki pembangkit tenaga hidro yang cukup besar tak tergantung dengan bahan bakar fosil.

Kepulauan Fiji
Negara kedua yang dinilai tepat untuk selamat dari Perang Dunia III adalah Kepulauan Fiji. Ia tak memiliki perbatasan dengan negara lain. Teritorial Fiji juga dinilai tidak cukup berharga untuk diokupasi oleh negara lain.

Irlandia
Irlandia diprediksi cukup netral jika Perang Dunia III terjadi. Negara itu memiliki intensitas rendah untuk mencampuri urusan dalam negeri negara lain. Hal itu disebabkan oleh kebijakan militernya yang netral.

Swiss
Swiss memiliki sejarah panjang netralitas. Lokasi negara ini juga sangat strategis karena dikelilingi oleh pegunungan es yang tinggi, meski berbagi perbatasan dengan negara lain. Selain itu, negara itu juga 'terselamatkan' dengan perbatasannya bersama Austria di mana negeri 'Sound of Music' itu mengaku relatif netral.

Kosta Rika
Kosta Rika memiliki demokrasi yang stabil. Tak hanya itu, mereka tidak lagi memiliki militer semenjak 1 Desember 1948. Sementara, polisi nasional Kosta Rika mempunyai kebijakan netral. Rangking Kosta Rika di Global Peace Index, Happy Planet Index, dan Life Satisfaction Index berada di 10 besar.

Source : liputan6.com

Tag : perang dunia 3, perang korea, perang as, perang suriah, perang turki, perang rusia, perang nuklir

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi