Sabtu, 22 Oktober 2016

Pemerintah Tawarkan Proyek Kereta Api Cepat Ke Jepang



Kyushu Shinkansen (Foto by japan-guide.com)
IndoNewz.com – Pemerintah Indonesia saat ini sedang menawarkan proyek kereta api semi cepat ke pemerintah Jepang. Diharapkan kereta ini bisa menjadi alternatif yang menghubungkan kedua wilayah tersebut.

Menurut Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Prasetyo Boeditjahjono, alasan pemerintah ingin membangun kereta api ini ialah untuk mempercepat waktu tempuh dua wilayah. Saat ini, rata-rata waktu tempuh kereta di bawah 90 km per jam. Pemerintah ingin meningkatkan kecepatan kereta rata-rata menjadi 150 km per jam. Artinya, kereta yang sedang ditawarkan tersebut mesti melampaui angka itu di sekitar 160 km per jam sampai 170 km per jam.

Untuk merealisasikan proyek tersebut, bisa dipastikan akan ada banyak perlintasan sebidang yang harus di hapus. Untuk jumlahnya belum bisa di pastikan karena harus dihitung ulang. Selain itu kereta dengan kecepatan sekitar 160 km sampai 170 km per jam itu harus memiliki lengkungan yang cukup lebar. Karenanya akan ada konsekuensi pembebasan lahan. Lalu adanya perbaikan dari sinyal termasuk di dalam perubahan daripada sarana atau kereta.

Namun pemerintah belum bisa memastikan kapan proyek ini bisa berjalan karena sifatnya masih dalam bentuk penawaran ke Pemerintah Jepang. Selain itu butuh waktu lama untuk mencari pendanaan proyek itu.

Source : liputan6.com

Tag : shinkansen, kereta api cepat, shinkansen jepang, pemerintah indonesia, kemenhub, kereta api indonesia, jakarta surabaya, kereta api jakarta surabaya, proyek kereta api cepat, proyek kereta api jakarta surabaya

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019