Selasa, 18 Oktober 2016

Penyebab Motor Ngempos


Mekanik sedang memeriksa motor pelanggan foto by static6.com

IndoNewz.com – Suatu hal yang menyebalkan apabila sepeda motor sedang digunakan tiba-tiba terjadi ngempos. Istilah ngempos pada sepeda motor berarti saat gas ditarik, dalam beberapa detik tidak terasa gejala pembakaran, yang ditandai dengan hilangnya tenaga secara tiba-tiba.

Ngempos pada sepeda motor terjadi karena sistem pembakaran yang kurang sempurna. Ngempos akan menjadi berbahaya bila terjadi di situasi jalan yang ramai atau saat sedang menyeberang jalan. Pengendara maupun orang lain bisa mengalami kecelakaan karenanya.

Penyebab dari ngempos pada sepeda motor bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari karburator yang kotor, filter udara yang sudah kotor, hingga percikan api yang tidak sesuai dengan standar.

Kalau filter udara sudah sangat kotor, udara akan tersumbat, sehingga tidak lancar masuk ke ruang bakar. Masalah pengapian, lebih spesifik terletak di sepul yang sudah lemah. Sepul itu pusat api sehingga kalau sepulnya lemah apinya pun jadi kecil.

Masalah lainnya terletak pada pilot jet atau komponen yang berfungsi mengalirkan bahan bakar saat rpm bawah hingga menengah. Kalau pilot jet sudah banyak kotoran, maka suplai bahan bakarnya pun terganggu. Biaya mengganti pilot jet baru pada bengkel umumnya sekitar Rp 30 ribuan. Sementara harga jasa bongkar pasangnya sekira Rp 75 ribu hingga Rp 80 ribu.

Source : liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019