Senin, 10 Oktober 2016

Fenomena Drone di Indonesia


Maraknya penggunaan drone di Indonesia menimbulkan fenomena baru
IndoNewz.com – Belakangan ini sedang marak-maraknya penggunaan drone di Indonesia. Saking maraknya, penggunaan drone ini menjadi fenomena bahkan trending topics di berbagai media. Karena banyaknya masyarakat yang memainkan drone, Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan, sampai mengeluarkan peraturan penggunaan pesawat tanpa awak alias drone ini. Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 90 Tahun 2015 tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak, yang disahkan tanggal 12 Mei 2015.

Tujuan dari diterbitkannya Peraturan Menteri tersebut untuk meningkatkan keselamatan penerbangan terkait pengoperasian drone di ruang udara yang dilayani Indonesia dari kemungkinan bahaya yang ditimbulkan karena pengoperasian drone.

Penggunaan drone ini menjadi popular karena pernah di singgung oleh Presiden Joko Widodo pada debat presiden tahun 2014 lalu. Dalam debat calon presiden saat itu, Bapak Jokowi mengusulkan pengadaan pesawat drone dalam rangka memperkuat ketahanan nasional. Tujuannya adalah untuk mengontrol wilayah laut Indonesia yang sangat luas dan daerah perbatasan Republik Indonesia dengan negara-negara tetangga.

Untuk bisa memahami gagasan mengenai drone yang pernah disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo, ada pertanyaan yang harus dijawab, yaitu:

Apa itu drone?
Drone adalah pesawat nir awak atau pesawat tanpa awak. Pesawat ini tidak membutuhkan seorang pilot untuk memandunya, serta sering disebut sebagai pesawat UAV atau Unmanned Aerial Vehicle. Pada mulanya drone ini hanya digunakan untuk kepentingan militer, seperti melakukan pengintaian terhadap musuh.

Apa tujuan dari penggunaan drone?
Tujuan penggunaan drone yang tadinya hanya khusus untuk militer, kini sudah bisa digunakan untuk kepentingan lainnya. Misalnya untuk keperluan pembuatan film,  peliputan sebuah berita, mengirimkan bantuan ke daerah yang sulit dilewati kendaraan, pemetaan wilayah, fotografi, pemadam kebakaran, pemeriksaan jalur pemipaan dan sebagainya. Bahkan drone saat ini bisa digunakan untuk berselfie dengan teman-teman. Ada juga yang menggunakan drone hanya untuk sekedar hobi.

Bagaimana cara kerja dari drone?
Pada dasarnya cara kerja drone adalah memanfaatkan kendali jarak jauh atau sistem remote dimana pilot memegang kontrol dari darat. Selain itu, drone juga dapat dapat di kontrol menggunakan smartphone karena drone memiliki chip komputer serupa arduino namun lebih kompleks. Chip ini membuat drone dapat mengolah gambar dari kamera yang terpasang padanya kemudian mengirimkan hasilnya ke smartphone yang digunakan sebagai control. Beberapa drone mahal dilengkapi dengan chip GPS. Cara kerjanya adalah sebelum terbang harus di pastikan dapat sinyal GPS terlebih dahulu dan ada batas minimal sinyal yang didapatkan untuk drone bisa terbang.

Source : Redaksi IndoNewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019