Selasa, 01 November 2016

Cara Mudah Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak



Foto by parents.co.id
IndoNewz.com – Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya bisa berprestasi di sekolah. Namun perlu diketahui bahwa kemampuan dan bakat seorang anak dengan anak yang lainnya sudah tentu berbeda. Salah satu cara yang bisa di lakukan oleh orang tua untuk bisa meningkatkan prestasi belajar anaknya adalah dengan menumbuhkan minat membaca pada diri si anak.
Ada istilah yang mengatakan bahwa “Buku adalah jendela dunia”. Ungkapan itu memang benar adanya karena dengan membaca buku, kita jadi tahu apa yang sebelumnya tidak kita ketahui. Menumbuhkan minat baca pada anak adalah perkara yang susah-susah gampang.

Minat membaca pada anak memang sebaiknya dikembangkan sejak anak berusia dini. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengenalkannya sebuah buku. Atau Anda juga bisa membacakannya sebuah dongeng atau cerita saat sedang bersama anak.

Sebagai orang tua, Anda harus mempunyai cara-cara khusus untuk mengajak anak bisa menyukai buku. Kebiasaan seorang anak biasanya akan meniru kebiasaan orang tuanya. Jika Anda adalah orang tua yang malas membaca buku, maka Anda bisa berpura-pura menjadi orang tua yang menyukai buku saat berada di depan anak. Tujuannya adalah agar si anak tertarik ingin menjadi seperti Anda. Tapi cara ini harus dilakukan dengan kerja sama dari kedua orang tua dan anggota keluarga lainnya.

Jika si anak sudah mulai menyukai untuk membaca buku. Percayalah cepat atau lambat ia akan menjadi anak yang berprestasi di sekolahnya. Apapun cita-citanya kelak, pasti akan mudah untuk di raih bila si anak telah menjadi anak yang berprestasi.

Source : redaksi IndoNewz.com

Tag : cara menumbuhkan minat baca pada anak, cara mengajarkan anak membaca buku, tips anak menyukai membaca,

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019