Senin, 28 November 2016

Hati-Hati Dalam Merebus Sayuran Terlalu Lama



Sayuran sedang direbus (Foto by perutgendut.com)
IndoNewz.com – Mengonsumsi sayuran memang baik untuk kesehatan. Banyak kandungan bagus yang terdapat di dalamnya, seperti protein, vitamin, mineral, dan lainnya. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengonsumsi sayuran, salah satunya dengan direbus.
Merebus sayuran adalah cara yang paling mudah dalam mengonsumsi sayuran. Namun, meskipun mudah, merebus sayuran terlalu lama ternyata dapat mengurangi 50 persen kandungan nutrisi yang ada di dalamnya karena ikut menguap.

Seorang nutrisionis Tracy Lesht dalam Shape mengatakan, beberapa jenis sayuran memiliki vitamin yang larut dalam air, sehingga sebisa mungkin sebaiknya tak direbus. Jika Anda tetap ingin merebusnya, usahakan untuk tidak terlalu lama dan jangan dalam suhu yang terlalu tinggi.

Contoh sayuran yang dimaksud Lesht adalah kubis, bayam, kangkung, brokoli, buncis, dan kacang polong. Alasannya adalah ketika Anda merebus sayuran dengan kandungan vitamin seperti ini, maka manfaat sehatnya juga akan berkurang.

Lebih lanjut Lesht menjelaskan,  jika Anda ingin memasak sayuran dengan cara direbus maka usahakan untuk meminimalkan waktu memasak dan gunakan sedikit air dengan api kecil. Ini supaya jumlah nutrisi yang terserap dan menguap bisa menjadi lebih sedikit.

Lesht menambahkan bahwa cara terbaik untuk menjaga keutuhan nutrisi dalam sayuran adalah dikukus atau dipanggang sebentar.

Source : detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019