Jumat, 18 November 2016

OKI Gelar Rapat Darurat Antisipasi Ancaman Rudal Ke Mekah



Pertemuan negara-negara OKI (Foto by sindonews.com)
IndoNewz.com – Pertemuan darurat negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) berlangsung di Mekah,, Kamis (17/11/2016) kemarin. Indonesia yang diwakili oleh Menlu RI, Retno Marsudi turut hadir dalam pertemuan tersebut. Agenda utama dari pertemuan tersebut membahas serangan rudal balistik yang mengarah ke Arab Saudi.
Diketahui sebelumnya pada tanggal 27 Oktober lalu, koalisi yang dipimpin Arab Saudi dalam perang sipil di Yaman mengatakan, kelompok militan Houthi meluncurkan misil balistik menuju Mekah. Pasukan koalisi tersebut juga telah memusnahkan misil yang berjarak 65 kilometer menuju Mekah. Serangan tersebut tak menimbulkan adanya kerusakan.

Sementara itu Houthi mengonfirmasi bahwa pihaknya meluncurkan misil balistik Burkan-1 menuju Arab Saudi. Target mereka adalah Bandara Internasional King Abdulaziz di Jeddah, salah satu bandar udara tersibuk di negara itu.

Pada pertemuan di Mekah ini, negara OKI sepakat mengesahkan resolusi mengenai peluncuran rudal balistik oleh kelompok Houthi. Hal tersebut juga telah memuat usulan baru yang digagas Indonesia mengenai perlunya seluruh Negara OKI meningkatkan kesatuan dan solidaritasnya serta memajukan kerja sama yang saling menguntungkan bagi seluruh negara anggota, sejalan dengan nilai Islam sebagai Rahmatan lil Alamin.

Dalam sambutannya, Menlu Retno mengatakan pentingnya anggota OKI untuk berkontribusi terhadap perdamaian, keamanan dan stabilitas di kawasan dan di tingkat global. Menurutnya perkembangan di kawasan Timur Tengah belakangan ini menunjukkan sebaliknya, khususnya terkait dengan situasi di Yaman.

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia mendorong penyelesaian politis yang inklusif dan damai terhadap konflik di Yaman. Dorongan ini sejalan dengan apa yang dilakukan PBB dan Dewan Kerja Sama Teluk (GCC).

Source : liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi