Selasa, 22 November 2016

Waspada Pneumonia Pada Anak



Waspada pneumonia pada anak dan balita (Foto by alodokter.com)
IndoNewz.com – Istilah pneumonia mungkin masih asing di telinga. Pneumonia atau istilah lainnya paru-paru basah adalah infeksi yang memicu inflamasi pada kantong-kantong udara di salah satu atau kedua paru-paru. Pada pengidap pneumonia, sekumpulan kantong-kantong udara kecil di ujung saluran pernapasan dalam paru-paru akan membengkak dan dipenuhi cairan.
Pneumonia bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak. Pneumonia juga menjadi penyebab kematian anak di bawah usia lima tahun di dunia sebanyak 15 persen kasus. Pneumonia disebabkan oleh bakteri Streptococcus pneumoniae. Tapi ada juga faktor lain yang bisa menyebabkan anak mengidap pneumonia, seperti virus, kuman, dan jamur. Selain itu, pneumonia juga bisa disebabkan karena anak menghirup objek asing, seperti asap, batuk, ataupun debu. Asap rokok yang menempel pada baju dan rambut orang tua, baik yang merokok atau tidak, dapat menjadi pemicu anak mengidap pneumonia.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan orang tua untuk mencegah pneumonia pada anak. Air susu ibu (ASI) bisa mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah pneumonia. Karena ASI mengandung zat baik yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak terhadap virus dan bakteri penyebab pneumonia.

Lingkungan yang bersih dan kebiasaan yang baik seperti mencuci tangan serta sanitasi yang baik akan mengurangi risiko anak terserang pneumonia. Dan yang paling utama adalah imunisasi.

Imunisasi PCV 13 biasanya memakan biaya sekitar Rp 800 ribu, sedangkan PCV 10 memakan biaya sekitar Rp 500 ribu. Imunisasi PCV dilakukan selama empat kali, yang terdiri dari 3 kali imunisasi utama (pada bulan 2,4, dan 6) dan 1 kali booster (antara bulan 12 dan 15).

Source : tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019