Kamis, 10 November 2016

Pemerintah Peringati Hari Pahlawan



Pidato Presiden RI Soekarno (Gambar by radarindo.com)
IndoNewz.com – Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Pemerintah selalu melaksanakan ini sebagai tanda untuk mengenang dan menghormati jasa para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga harus mengorbankan nyawa.
Peringatan Hari Pahlawan ini dilatarbelakangi oleh penolakan rakyat Surabaya untuk tidak tunduk atas pasukan Inggris yang saat itu ingin menguasai Indonesia. Ultimatum yang dilayangkan pasukan Inggris tidak digubris oleh rakyat Surabaya hingga pada 10 November 1945, terjadilah perang besar pertama pasca Indonesia merdeka melawan tentara Inggris. Perang ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan.

Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itu membuat kota Surabaya kemudian dikenang sebagai Kota Pahlawan dan tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Pemerintah melalui Kemensos lewat Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan dan Restorasi Sosial (Dit KKKRS) mengambil tema "Satukan Langkah Untuk Negeri" untuk memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November. Mereka juga menyelenggarakan serangkaian kegiatan mulai dari jalan sehat, doa bersama, upacara dan tabur bunga hingga penganugerahan gelar pahlawan tahun 2016 kepada tokoh-tokoh nasional Indonesia.

Source : merdeka.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019