Sabtu, 26 November 2016

Wafatnya Sang Marxisme Fidel Castro



Fidel Castro mantan Presiden Kuba (Foto by thedailybeast.com)
IndoNewz.comFidel Castro, mantan Presiden Kuba meninggal dunia pada usia 90 tahun. Presiden yang menganut ideologi Marxisme ini menyerahkan jabatannya sebagai presiden kepada adiknya Raul Castro setelah menjalani operasi usus. Kematian Fidel Castro disampaikan adiknya melalui televisi nasional Kuba pada Jumat, (25/11/2016) waktu setempat.
Fidel Catro lahir pada tanggal 13 Agustus 1926. Ia merupakan anak seorang petani gula imigran dari Spanyol. Dia bergabung dengan Partai Rakyat Kuba tahun 1947 dan  merebut kekuasaan tahun 1959. Ia mendirikan negara komunis dan merupakan penganut ideologi Marxisme.

Dalam hal pendidikan, Castro memperoleh gelar bidang hukum dari Universitas Havana tahun 1950. Ia memimpin organisasi bawah tanah di saat Kuba dipimpin Fulgencio Batista Y Zaldiar. Ia menyulut gerakan revolusi di Santiago, Chile tahun 1953 sehingga ditangkap dan masuk tahanan.

Setelah dibebaskan tahun 1955, Castro dibuang ke Meksiko dan Amerika Serikat. Ia kembali ke Kuba tahun 1956. Dia terus melancarkan pemberontakan yang dikenal dengan ‘Gerakan 26 Juli’. Rakyat Kuba mendukungnya sehingga pemberontakannya berhasil. Pada Desember 1958 rakyat Kuba berbaris di Havana ketika Castro memproklamasikan Revolusi Kuba. Dia kemudian menjabat sebagai Presiden Dewan Negara dan Dewan Menteri.

Castro makin berwibawa setelah ditunjuk sebagai ketua gerakan non blok oleh negara-negara berkembang pada akhir tahun 1980.

Source : detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019