Sabtu, 26 November 2016

Wacana Penghapusan UN Masih Dalam Proses



Lembar jawaban UN (Foto by kompasiana.com)
IndoNewz.com – Wacana penghapusan Ujian Nasional (UN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan belum dapat terealisasi. Menurut Presiden Joko Widodo, wacana tersebut masih sebatas wacana karena masih dalam proses.
Wacana penghapusan UN belum masuk ke dalam agenda Rapat Terbatas (Ratas) Presiden. Namun presiden mengkonfirmasi telah menerima laporan mengenai wacana itu langsung dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, MuhadjirEffendy. Dalam ratas tersebut akan di putuskan langkah-langkah komprehensif pengembangan dunia pendidikan di tanah air sekaligus penentuan mengenai dihapus tidaknya UN.

Rencananya UN akan dihentikan dulu sementara waktu pada tahun 2017 mendatang. Langkah ini dilakukan untuk memenuhi keputusan Mahkamah Agung (MA) pada tahun 2009 lalu. Dalam keputusan itu, pemerintah diwajibkan untuk meningkatkan kualitas guru, kelengkapan sarana dan prasarana sekolah serta akses informasi di sleuruh Indonesia.

Jika wacana penghapusan UN ini sudah disetujui dan memiliki Instruksi Presiden (Inpres), maka UN sudah tidak lagi menentukan kelulusan siswa, melainkan lebih berfungsi memetakan kondisi pendidikan di Indonesia.

Source : kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019