Sabtu, 19 November 2016

Malaysia Andalkan Pemain Naturalisasi di Piala AFF 2016



Pemain Timnas Malaysia (Foto by sidomi.com)
IndoNewz.com – Untuk menambah kekuatan timnas sepakbolanya, tidak jarang sebuah negara menggunakan jasa pemain naturalisasi. Pemain yang dinaturalisasi biasanya adalah pemain-pemain yang memiliki dwi kewarganegaraan karena pernikahan beda negara yang dilakukan orang tuanya.
Kini negara-negara di kawasan ASEAN juga sudah melakukannya. Dimulai dengan Singapura, yang telah melakoni langkah tersebut pada akhir 90-an rupanya mampu membuahkan kejayaan timnas Negeri Singa di kawasan Asia Tenggara.

Lalu Filipina juga termasuk negara yang melakukan naturalisasi pemain untuk timnas sepak bolanya. Indonesia pun juga turut melakukan langkah naturalisasi ini. Sejumlah nama telah diberikan kewarganegaraan Indonesia. Mereka adalah Christian Gonzales, Irfan Bachdim, Kim Jeffrey Kurniawan, Greg Nwokolo, Raphael Maitimo, Victor Igbonefo, Diego Michiels, Stefano Lilipaly, dan lainnya. Walaupun sudah di naturalisasi, para pemain tersebut belum bisa mempersembahkan gelar juara untuk Indonesia.

Kini negara tetangga Malaysia pun juga melakukan langkah yang sama. Mereka mendaftarkan dua pemain naturalisasinya dalam gelaran Piala AFF 2016. Dua orang pemain itu adalah Matthew Davies (negara asal Australia) dan Darren Lok Yee Deng (Inggris). Langkah Malaysia melakukan naturalisasi ini terbilang mengejutkan banyak pihak. Tim yang berjuluk Harimau Malaya itu menentang dengan keras naturalisasi pemain untuk kepentingan timnas.

Mereka pun juga sempat menghina dan menertawakan negara lainnya yang terlebih dahulu telah melakukan naturalisasi pemain. Mereka berdalih bahwa negara yang melakukan naturalisasi sudah kehilangan pemain berkualitas. Kini apa yang dilakukan oleh Malaysia seperti ‘Menjilat Ludah Sendiri’. Patut ditunggu kiprah Malaysia di Piala AFF 2016. Malaysia sendiri tergabung dalam Grup B bersama Vietnam, Myanmar, dan Kamboja

Source : viva.co.id

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019