Selasa, 22 November 2016

Program Vaksinasi Kanker Serviks Bagi Anak SD Sudah Diberlakukan



Kanker serviks pembunuh wanita no. 1 (Ilustrasi gambar by youtube.com)
IndoNewz.comKanker serviks merupakan pembunuh wanita terbesar di Indonesia. Setiap hari di Indonesia ada 40 wanita yang terdiagnosa menderita kanker serviks dan 20 wanita meninggal karenanya. Untuk mencegah atau mengurangi penyebaran kanker serviks, Pemprov DKI membuat program pemberian vaksin kanker serviks kepada siswa usia SD. Vaksinasi diberikan kepada siswa kelas 5 SD yang akan diulang di kelas 6 SD. Vaksinasi akan dilaksanakan di semua sekolah dasar yang ada di Jakarta. Program vaksinasi ini sudah dilakukan di bulan Oktober 2016 lalu.
Kepala Satuan Pelaksana Upaya Kesehatan Masyarakat BLUD Puskesmas Kecamatan Menteng, dokter Dewi Suci Rukmini, mengatakan  pihak puskesmas terlebih dahulu meminta izin kepada orang tua siswa untuk melakukan vaksinasi. Setelah orang tua siswa mengisi surat persetujuan berupa izin vaksinasi, barulah vaksinasi dilakukan.

Program vaksinasi HPV baru dijalankan Pemprov DKI pada tahun ini. Vaksinasi akan dilakukan dua kali untuk setiap anak. Untuk tahun depan, sasaran anak yang divaksinasi yakni siswa kelas empat yang naik ke kelas lima, dan siswa kelas lima yang naik ke kelas enam yang sebelumnya telah divaksinasi. Vaksinasi kanker serviks diharapkan bisa mencegah masyarakat menderita penyakit tersebut.

Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebelumnya mengatakan, Pemprov DKI Jakarta bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan mensubsidi pemberian vaksin kanker serviks itu. Ahok menjanjikan subsidi bagi 75.000 anak-anak untuk vaksin kanker serviks tersebut.

Source : kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi