Kamis, 10 November 2016

Trump Presiden Terpilih AS



Donald Trump, Presiden AS ke 45 (Foto by bostonmagazine.com)
IndoNewz.com – Secara mengejutkan Capres AS yang berasal dari Partai Republik, Donald Trump memenangkan pemilihan presiden Amerika Serikat (AS). Ia unggul dari pesaingnya Hillary Clinton yang diusung oleh Partai Demokrat. Trump berhasil meraih 278 electoral vote, sedangkan Hillary hanya meraih 219 electoral vote.
Hasil akhir ini berbanding terbalik dengan hasil yang berasal dari bermacam polling selama kampanye dan pasca debat dimana Hillary selalu unggul dari Donald Trump. Bahkan menjelang pemilihan dukungan terhadap Hillary begitu kuat. Media dan para artis pun secara tegas mendukung Hillary termasuk Presiden AS, Barrack Obama.

Kemenangan Trump ditanggapi secara kecewa oleh sebagian besar warga AS. Bahkan  beredar kabar bahwa situs imigrasi Kanada jebol karena mendadak diserbu jutaan klik dari Amerika. Dikutip dari Independent media asal Inggris mengatakan situs resmi untuk Kewarganegaraan dan Imigrasi Kanada telah berhenti bekerja dikarenakan banyaknya orang Amerika Serikat yang ingin meninggalkan negeri itu.

Kemenangan Trump juga disambut dengan baik oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin. Putin menyampaikan ucapan selamatnya. Dilansir oleh Reuters, Putin mengaku siap memulihkan hubungan kerja sama kembali dengan Amerika.

Menteri Luar Negeri Jerman, Frank Walter Steinmeier, mengatakan kalau Amerika sedang disibukkan dengan isu luar negeri. Mulai dari perjanjian nuklir dengan Iran, koalisi internasional memerangi ISIS di Irak dan Suriah, memerangi terorisme, adu pengaruh dengan China di Laut China Selatan, intrik dengan Presiden Filipina Rodrigo Duterte, hingga kerja sama Trans Pacific Partnership.

Source : detik.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019