Kamis, 17 November 2016

Terjadi Gempa Dari Yogyakarta Sampai Lombok

Ilustrasi gambar by okezone.com
IndoNewz.com – Rabu malam (16/11/2016) pukul 22.10 WIB, getaran gempa bumi terasa di Yogyakarta, Jawa Timur, Bali sampai ke Lombok. Getaran gempa terkuat dirasakan di wilayah Malang, Karangkates, Kepanjen, Lumajang dan Jember. Gempa berkekuatan 5.8 SR itu berasal dari Samudera Hindia dan tidak berpotensi tsunami.
Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, menyebutkan titik sumber gempa (episenter) terletak pada koordinat 9,39 LS dan 113,09 BT, tepatnya di cekungan busur muka (fore arc basin) Samudera Hindia pada jarak 165 kilometer arah tenggara Kota Malang pada kedalaman 91 kilometer.

Jika dilihat dari kedalaman sumber gempa atau hiposenter, gempa ini termasuk jenis menengah. Ini diakibatkan karena aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia. Dengan laju sekitar 70 milimeter per tahun dan terjadi deformasi batuan di zona Benioff hingga memicu terjadinya gempa.

Berdasarkan hasil monitoring BMKG hingga pukul 23.00 WIB baru terjadi sekali aktivitas gempa bumi susulan dengan kekuatan magnituso 4,3. BMKG mengimbau warga di pesisir pantai selatan Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, dan Lombok agar tetap tenang karena gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

Source : tempo.co

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi