Jumat, 25 November 2016

Selamat Hari Guru Nasional



25 November sebagai hari lahir PGRI (foto by harianterbit.com)
IndoNewz.com – Segenap masyarakat Indonesia pada hari ini, Jumat (25/11/2016), merayakan Hari Guru Nasional atau Hari Jadi PGRI. Berbagai ucapan selamat dan terima kasih disampaikan oleh banyak pihak kepada guru-guru di Indonesia. Guru adalah sosok pahlawan nyata yang memberikan dampak positif terhadap pendidikan di Indonesia. Bila kita melihat sejarah ke belakang, sebenarnya bagaimana hari guru nasional itu bisa tercipta?
Ini dimulai sebelum Indonesia merdeka atau saat penjajahan bangsa Belanda. Saat itu berdiri organisasi yang bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada tahun 1912. Namun 20 tahun kemudian PGHB berganti nama menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Hal ini dimaksudkan untuk bisa lepas dari Belanda.

Saat penjajahan bangsa Jepang, organisasi ini pun tidak aktif karena dilarang oleh mereka. Sampai akhirnya Indonesia menyatakan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, organisasi ini pun kembali aktif. Tepatnya pada tanggal 24 – 25 November 1945, PGI melakukan Kongres Guru Indonesia di Surakarta.

Hasil kongres itu pun mengeluarkan keputusan pendirian organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sebagai rasa penghormatan kepada guru-guru, Pemerintah menjadikan hari lahir PGRI juga sebagai Hari Guru Nasional.

Dibalik suka cita para guru, masih saja ada duka yang menyelimuti. Masih banyak guru-guru yang mengajar di pedalaman belum mendapatkan kehidupan yang layak. Selain itu, sulitnya guru honorer untuk bisa menjadi guru tetap masih menjadi masalah yang selalu hadir dalam setiap peringatan Hari Guru Nasional. Semoga ke depannya nasib guru bisa mendapatkan penghidupan yang merata agar masa tua nya nanti bisa bahagia.

Source : indoberita.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019