Sabtu, 19 November 2016

Cermat Dalam Membeli Rumah Baru Atau Lama



Teliti dalam membeli rumah (Foto by rumah.com)
IndoNewz.com – Memiliki rumah sendiri merupakan impian setiap keluarga. Apalagi untuk pasangan yang baru menikah, bisa tinggal di rumah sendiri termasuk kepuasan dan kebanggan. Untuk bisa memiliki rumah sendiri, umumnya ada dua cara yang bisa dilakukan., yaitu beli tunai atau kredit.
Namun meningkatnya harga jual rumah saat ini, membuat banyak pihak harus berpikir dua kali untuk membeli rumah. Tidak jarang ada yang menyarankan untuk membeli rumah lama saja. Alasannya rumah lama memiliki harga dibawah harga rumah baru dan bisa langsung untuk ditinggali.

Sebelum memutuskan apakah harus membeli rumah baru atau rumah lama, sebagai konsumen harus melakukan riset terlebih dahulu. Calon pembeli harus cermat mencari tahu mengenai kelebihan dan kekurangan dari rumah baru dan rumah lama.

Berikut kelebihan dan kekurangan rumah baru dan rumah lama :

Kelebihan membeli rumah baru
Mempunyai rumah sesuai selera
Membeli rumah baru dapat memberikan Anda kesempatan untuk lebih leluasa dalam mengatur tata letak dan segala atribut rumah, misalnya jumlah kamar, warna cat, hingga penataan aksesori ruangan.

Jaminan keamanan
Sistem cluster perumahan saat ini biasanya menyediakan sistem satu gerbang dengan penjagaan keamanan 24 jam sehingga keamanan lebih terjamin. Selain itu lalu lintas di cluster juga relatif sepi sehingga lebih aman dan tidak ramai.

Punya perlindungan
Rumah baru biasanya memiliki garansi atau asuransi rumah sehingga bila terjadi kerusakan seperti misalnya keretakan atau kebocoran, maka Anda dapat menghemat biaya karena dapat memperbaiki dengan mengajukan klaim.

Kekurangan membeli rumah baru
Lingkungan belum terbentuk
Rumah yang baru biasanya belum memiliki lingkungan yang terbentuk sehingga Anda belum mendapat jaminan mengenai kelengkapan fasilitas umum. Bahkan tetangga pun juga masih minim cenderung sepi. Resiko keamanan adalah yang harus dipikirkan kembali.

Kelebihan membeli rumah lama
Harga lebih murah
Rumah lama pada umumnya lebih murah dibanding rumah baru dengan kondisi dan luas yang sama. Semakin lama usia rumah tersebut maka harganya juga makin murah.
Lingkungan yang sudah terbentuk

Dapat langsung ditempati
Rumah lama biasanya memiliki lingkungan yang sudah terbentuk, baik itu secara sosial maupun fasilitas. Dengan membeli rumah lama maka biasanya sudah ada fasilitas umum seperti sekolah dan tempat ibadah di sekitar rumah tersebut.

Kekurangan membeli rumah lama
Harus banyak memilih
Anda harus cermat dalam memilih rumah lama karena bila ada kondisi yang tidak sesuai atau butuh perbaikan, maka Anda harus menyiapkan biaya untuk renovasi. Besarnya biaya tergantung dari besar kecilnya renovasi yang Anda lakukan.  

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari membeli rumah baru atau rumah lama, sekarang keputusan ada di pihak calon pembeli. Sebaiknya diskusikan masalah ini dengan anggota keluarga lainnya agar tidak ada penyesalan nantinya.

Source : kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019