Selasa, 11 Oktober 2016

Tips Memilih Bengkel dan Mekanik Terpercaya

Pelanggan sedang melihat kendaraannya diperbaiki
IndoNewz.com – Jika kondisi kendaraan sedang tidak prima, mau tidak mau kita harus membawanya ke bengkel. Tapi bagaimana bila kita bingung bengkel mana yang harus dituju?. Bagi yang merasa bingung, saya ada sekedar tips memilih bengkel dan mekanik (montir) yang dapat di percaya. Sebelum membawa kendaraan ke bengkel, ada baiknya kita bertanya  kepada teman atau anggota keluarga mengenai bengkel yang dapat dipercaya. Berikut ini adalah ciri-ciri bengkel yang dapat dipercaya :

1.    Mau mendengarkan keluhan konsumen
Bengkel yang terpercaya biasanya memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang baik. Bengkel yang baik akan memiliki mekanik yang baik juga. Mereka akan melayani setiap konsumen dengan baik. Para mekanik akan mendengarkan setiap keluhan mengenai kendaraan pelanggan dengan baik. Setelah itu, mekanik akan mengecek kondisi dan menganalisa kerusakan yang terjadi. Mereka akan melakukan konfirmasi kepada konsumen tentang kerusakan tersebut. Hal itu untuk memastikan tentang indikasi awal yang mekanik temukan, sehingga pekerjaan yang mereka lakukan nantinya benar-benar tepat.

2.    Selalu memberikan alternatif perbaikan
Setelah mekanik menemukan kerusakan pada kendaraan kita, mereka akan memberikan beberapa alternatif perbaikan.  Mereka akan memberikan pilihan ganti sparepart yang rusak berikut komponen yang terkait, pilihan merk sparepart beserta harganya atau hanya melakukan perbaikan tanpa mengganti. Biasanya mekanik memberikan pendapatnya tentang konsekuensi dari masing-masing pilihan tersebut. Setelah komponen ditentukan dan disepakati konsumen, mekanik atau bengkel yang baik akan menunjukkan bungkus kepada konsumen

3.    Memberikan rincian harga dan ongkos jasa servis kendaraan
Setelah perbaikan beserta sparepart yang digunakan telah ditentukan dan disepakati oleh konsumen, bengkel akan memberikan perkiraan harga dan ongkos jasa perbaikan. Bila bengkel yang besar, biasanya disediakan daftar pricelist sparepart. Harga merujuk pada pricelist tersebut. Sedangkan bila bengkel kecil atau rumahan yang tidak ready stock sparepart yang dibutuhkan, maka akan melakukan perkiraan harga sparepart sesuai pengalaman pembelian mereka. Jangan khawatir dengan bengkel kecil atau bengkel rumahan, biasanya mereka akan memberikan nota pembelian sparepart komponen ke konsumen.

4.    Menyerahkan sparepart yang rusak dan kemasan komponen yang baru
Hal ini untuk memastikan bahwa pekerjaan mekanik yang dilakukan sesuai kesepakatan dengan konsumen. Sparepart yang diganti pun sesuai dengan permintaan konsumen atas dasar diagnosis, rekomendasi mekanik, serta persetujuan dari konsumen.

5.    Pengecekan hasil kerjaan dan garansi
Bengkel dan mekanik akan mengajak konsumen untuk mencoba kendaraan yang telah diperbaiki. Itu dimaksudkan agar konsumen bisa mengecek hasil pekerjaan bengkel tersebut. Umumnya, mekanik bengkel akan mendampingi konsumen saat melakukan pengecekan. Mekanik yang baik, akan tidak banyak komentar selama pengecekan itu. Baru setelah pengecekan selesai, mekanik yang baik akan minta pendapat konsumen, apakah masih ada masalah atau yang kurang. Selain itu, bengkel yang profesional selalu memberikan garansi perbaikan dalam jangka waktu tertentu. Dengan memberikan garansi, berarti bengkel itu memiliki keyakinan dan standar kerja bahwa apa yang mereka lakukan memiliki akurasi tinggi dan berkualitas.

Source : apritos.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019