Sabtu, 05 November 2016

Cara Mudah Mengajak Anak Menyukai Sayuran



Pentingnya anak mengkonsumsi sayur (gambar by suaraglobal.com)
IndoNewz.com – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa sayuran merupakan makanan yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Sayuran merupakan sumber serat, vitamin dan mineral bagi tubuh.
Sayuran juga termasuk ke dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Begitu banyaknya khasiat sayur bagi tubuh, tidak membuat sejumlah orang lantas menyukainya, khususnya anak-anak.

Bagi anak-anak sayuran terasa tidak enak di pandang dan di makan. Rasanya dianggap tawar tidak seperti permen, kue, biskuit, dan lainnya yang memiliki rasa manis. Meskipun begitu, anak-anak tetap harus mengkonsumsi sayuran agar memiliki daya tahan tubuh yang kuat.

Agar anak-anak bisa menyukai makan sayur, ada hal-hal yang harus dilakukan sebagai orang tua :

Hubungkan anak langsung ke sumber sayuran
Orang tua bisa mengajak anak untuk berbelanja sayur di pasar atau supermarket. Selain itu, orang tua bisa mengajak anak pergi wisata ke tempat-tempat yang ada sayur-sayurannya. Tujuannya adalah agar anak bisa mengenal sayur dan tertarik untuk makan sayur.

Buatlah sayuran terlihat lebih menarik
Agar menu sayuran tidak terlihat biasa-biasa saja, orang tua harus bisa menyiasatinya dengan mengubah tampilan sayuran. Dengan sedikit kreatifitas, sayuran akan terlihat menggoda untuk di makan anak.

Ajari anak memasak sayuran
Cara lain mengenalkan sayuran kepada anak adalah dengan mengajaknya ikut serta dalam memasak. Sifat anak yang selalu ingin tahu dan mencoba hal baru akan membuat anak tertarik untuk mencoba memasak sendiri sayurannya.

Ciptakan resep sayuran kreatif
Seperti diatas sebelumnya, dengan kreatifitas orang tua, buatlah menu sayuran yang bisa membuat anak tertarik untuk mencobanya. Orang tua bisa membuat menu sayuran yang berbeda dari sebelumnya. Kalau biasanya sayuran hanya di rebus, cobalah melakukan hal yang lain dengan sayuran, seperti membuat jus atau di goreng.

Membuat cocolan untuk sayuran
Untuk mengatasi rasa sayuran yang tawar, orang tua bisa membuat cocolan dengan menggunakan rasa yang disukai anak-anak.

Source : tipsanakbayi.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019