Selasa, 04 Oktober 2016

Terungkap Alasan Driver Gojek Demo


Driver gojek melakukan aksi demo di kantor pusat gojek Senin, 3 Oktober 2016

IndoNewz.com – Para penumpang Gojek banyak yang merasa kecewa karena terlantar dan harus menunggu lama karena orderan mereka banyak yang di cancel oleh para driver. Akibatnya mereka lebih memilih untuk order ojek online lainnya. Lebih lanjut diketahui bahwa ratusan driver Gojek tengah melakukan aksi demo di kantor pusat Gojek yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan.

Mereka memadati kantor pusat untuk menyampaikan keluhan dan aspirasi mereka. Demo para driver itu disebabkan penurunan tarif yang dilakukan Gojek secara sepihak belum lama ini.

Selain itu, para driver juga mengungkapkan alasan mereka menggelar demo hari Senin, 3 Oktober 2016, karena tidak puas dengan peraturan dari PT Gojek yang dinilai terlalu semena-mena dan tidak terbuka terhadap driver, khususnya peraturan yang menyangkut bonus.

Mereka menganggap peraturan yang diterapkan oleh PT Gojek hanya memihak perusahaan saja. Para driver merasa kalau mereka memang sengaja tidak dilibatkan dalam pembuatan peraturan sehingga merugikan para driver. Lalu perolehan bonus yang diterima driver juga tidak masuk akal, di mana sekarang semua bonus berdasarkan performa (bintang di aplikasi Gojek), bukan hanya berapa banyak driver narik penumpang.

Menurut mereka, dengan adanya perhitungan performa, para driver Gojek banyak tak mendapatkan bonus. Justru poin yang diambil dari mengambil banyak penumpang dikurangi. Akibatnya saat ini para driver sulit untuk mendapatkan bonus.

Aksi damai para driver Gojek dimulai dari Gelora Bung Karno (GBK) berlanjut ke kantor pusat Gojek yang ada di kemang. Mereka juga membagikan bunga kepada para pelanggan yang lewat. Dari Kemang, para driver Gojek akan konvoi ke Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, sebelum akhirnya membubarkan diri sekitar pukul 17.00 WIB.

Para driver menuntut dua hal kepada perusahaan. Pertama perusahaan harus melibatkan mereka dalam pembuatan peraturan. Kedua, driver meminta kejelasan dalam perolehan bonus yang akan mereka terima nantinya. Lebih lanjut, para driver meminta perusahaan untuk lebih manusiawi kepada mereka, misalnya dengan mengajak diskusi karena mereka adalah mitra perusahaan.

Di lain pihak pimpinan Gojek mencoba untuk menenangkan ratusan driver yang berdemo di kantor pusat Hojek di jalan Kemang Selatan Raya No 99, Jakarta Selatan. Melalui pengeras suara, dia menyampaikan pada rekan kerjanya itu agar tetap tenang karena saat ini para pimpinan Gojek sedang melangsungkan rapat untuk membahas aspirasi mereka.

Gojek menegaskan jika perusahaan tidak pernah berniat untuk menipu atau mencoba mengakali para driver dengan sistem baru tersebut. Mereka berjanji untuk tetap memperhatikan kesejahteraan para driver. Karena itu, perusahaan meminta para driver  bersabar menunggu hasil rapat para pimpinan. Sebab hasilnya akan langsung disampaikan kepada para driver. Perusahaan berharap hasil rapat tersebut bisa menguntungkan kedua belah pihak.

Source : Liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019