Rabu, 29 April 2020

Tips Memilih Sarung Tangan Motor Yang Baik Untuk PSBB

Pentingnya penggunaan masker dan sarung tangan bagi pengendara motor saat PSBB berlangsung. (Gambar by ceklist.id)
IndoNewz.com - Semakin meluasnya penyebaran virus corona atau COVID-19 di Indonesia, membuat Pemerintah mengambil kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun karena masih banyaknya warga yang harus beraktifitas diluar rumah, perlengkapan seperti masker dan sarung tangan tidak boleh terlewat bagi pengendara motor.

Penggunaan masker dan sarung tangan menjadi wajib selama PSBB berlangsung. Hal ini tertuang dalam Pergub DKI Jakarta No. 33 Tahun 2020 tentang wajibnya penggunaan masker dan sarung tangan bagi pengendara motor selain helm.

Banyaknya jenis sarung tangan yang beredar di masyarakat saat ini, terkadang membuat bingung sarung tangan apa yang bisa digunakan. Untuk bisa memilih sarung tangan yang baik, tim Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM) memberikan pendapatnya.

Pertama, pilih bahan sarung tangan yang sesuai. Setidaknya ada dua bahan utama yang sering digunakan untuk pembuatan sarung tangan, yakni bahan kulit dan kain. Masing-masing bahan ini memiliki karakter yang berbeda. Bahan kain cocok digunakan saat udara panas sehingga dapat menyerap keringat pada tangan, namun jika berada di udara yang dingin sebaiknya menggunakan sarung tangan berbahan kulit agar hangat.

Karakteristik untuk sarung tangan berbahan kain adalah lebih lentur. Sarung tangan berbahan kulit memiliki karakter yang lebih kaku dan sedikit mengurangi sensitifitas pada jari sehingga perlu penyesuaian yang lebih, namun lebih aman untuk melindungi dari gesekan

Kedua, pilih sarung tangan yang nyaman dipakai. Pastikan sarung tangan tidak terlalu ketat sehingga sirkulasi darah dapat berjalan dengan baik saat berkendara. Sarung tangan juga harus melindungi seluruh bagian tangan dari ujung jari hingga pergelangan tangan, sehingga perlindungan dapat maksimal.

Ketiga, pilih sarung tangan yang mudah dibersihkan demi kenyamanan dan kesehatan. Perawatan sarung tangan sangatlah penting untuk menjaga kualitas sarung tangan, mencegah bau dan berkembangnya kuman di dalam sarung tangan.

Perawatan sarung tangan minimal dilakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Caranya, rendam sarung tangan di dalam campuran air hangat yang ditambahkan dengan sabun cuci tangan atau sabun bayi selama 5-10 menit. Kemudian, bersihkan perlahan-lahan dengan menggunakan tangan agar tidak merusak lapisan protector pada sarung tangan. Jangan gunakan sikat dalam proses pembersihan karena dapat mengakibatkan kerusakan pada sarung tangan. Bilas sarung tangan dengan air bersih. Khusus untuk bahan kulit, bersihkan sarung tangan tanpa merendamnya dalam air untuk menghindari kerusakan pada lapisan kulit.

Proses pengeringan, untuk bahan kain dapat dikeringkan di bawah sinar matahari. Untuk sarung tangan berbahan kulit, proses pengeringan tidak dilakukan di bawah sinar matahari dan cukup mengandalkan hembusan angin hingga benar-benar kering. Pastikan kering hingga sisi dalam sarung tangan. Tidak perlu diperas agar tetap menjaga kualitas bahan kulit.

Sumber : oto.detik.com

Tag : pembatasan sosial berskala besar, apa itu psbb, pentingnya penggunaan masker, pentingnya penggunaan sarung tangan, memilih sarung tangan yang baik, perawatan sarung tangan, pergub dki tentang masker dan sarung tangan, indonewz, indonewz.com

1 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi