Jumat, 23 Desember 2016

Warga Jakarta : Sudahkah Menggunakan Qlue?

Aplikasi Qlue untuk tangani keluhan warga Jakarta (Gambar by hanyalah.com)
IndoNewz.com - Sebagai warga Jakarta, tentu merasakan bagaimana dinamika kehidupan yang ada di Ibu Kota tercinta. Mulai dari macet, banjir, birokrasi, keamanan, dan lain sebagainya. Terkadang warga hanya bisa mengeluh kepada diri sendiri. Ingin mengeluh kepada Pemprov DKI, dirasa cukup sulit dan lama dalam meresponnya.

Tapi itu adalah masa lalu, kini Pemprov DKI Jakarta memiliki layanan berbentuk sebuah aplikasi smartphone yang bernama 'Qlue'. Aplikasi ini tersedia di Play Store dan dapat di download secara gratis. Bagi warga Jakarta mungkin sudah tahu dan pernah menggunakan aplikasi ini. Tapi tulisan kali ini akan fokus untuk warga Jakarta yang belum tahu atau belum pernah mencobanya.

Apa sih Qlue itu?

Qlue adalah aplikasi yang dibuat untuk menjadi jembatan antara warga dan pemerintah yang bertujuan untuk membangun Jakarta agar lebih baik lagi. Saat ini Qlue hanya bekerja sama dengan Jakarta Smart City. Dengan Qlue, warga Jakarta bisa mengeluh tentang berbagai hal yang dianggap tidak wajar yang ada di Jakarta. Tentu saja keluhan yang kamu sampaikan haruslah berkualitas agar tidak di anggap iseng dan cepat untuk di respon.

Apakah keluhan kita akan direspon?

Pertanyaan itu adalah wajar dan sah-sah saja. Tapi yang pasti tugas dari Qlue adalah memastikan seluruh keluhan yang diupload di dengar oleh pemerintah dan pihak swasta. Qlue juga akan memastikan semua keluhan dapat ditindaklanjuti dengan baik.

Bagaimana cara mengeluh lewat Qlue?

1. Pilih ikon plus (+) yang terdapat di bawah tengah layar.
2. Akan ada 3 pilihan yang muncul :
a. Lapor pemerintah : Jika keluhan kamu tidak ada hubungannya dengan sebuah perusahaan.
b. Lapor swasta : Jika keluhan kamu berhubungan langsung dengan sebuah perusahaan.
c. Buat forum : Untuk mendiskusikan masalah yang membutuhkan pendapat untuk menyelesaikannya.

3. Ambil foto sebagai bukti tentang keluhan yang ingin kamu sampaikan.
4. Pilih topik yang bersangkutan tentang keluhan yang ingin kamu sampaikan.
5. Beri judul dan penjelasan yang lenkap tentang keluhan yang ingin kamu sampaikan.
6. Upload dan tunggu keluhanmu untuk ditindaklanjuti.
-Warna merah artinya masih menunggu.
-Warna kuning artinya sedang dalam proses.
-Warna hijau artinya telah selesai menangani keluhanmu.

Bagaimana mudah bukan menggunakan Qlue? Jangan takut untuk memberikan laporan karena di sini identitasmu tetap aman. Kamu akan menggunakan avatar sebagai profil dari akun yang kamu gunakan. Aplikasi Qlue juga menyediakan hadiah untuk keluhan yang paling banyak. Untuk satu keluhan akan di berikan satu poin. Jika sudah banyak, poin yang sudah terkumpul dapat ditukar dengan hadiah.

Ada lagi yang menarik dari aplikasi Qlue ini. Jika kamu terus aktif dalam menyampaikan keluhan, maka level Qlue kamu juga akan bertambah. Bila level Qlue bertambah, maka kamu akan mendapat skill dan avatar baru. Nah seru bukan, tunggu apa lagi, download Qluenya dan upload keluhanmu sebanyak-banyaknya untuk membangun Jakarta yang lebih baik lagi.

Source : klikforklik.com

Tag : aplikasi qlue, aplikasi qlue pemprov dki, aplikasi qlue untuk menangani keluhan warga, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019