Sabtu, 03 Desember 2016

Thailand Tunjuk Raja Baru Pengganti Bhumibol

Raja baru Thailand,Vajiralongkorn dan istri (Foto by theguardian.com)
IndoNewz.com - Setelah kematian rajanya, Bhumibol Adulyadej (13/10/2016) lalu, Thailand masih dalam masa berkabung selama setahun ke depan mulai dari 14 Oktober lalu. Untuk mengisi kekosongan tahta raja sementara waktu, Kepala Dewan Penasihat Raja, Prem Tinsulanonda (96), ditunjuk sebagai wali yang bertugas atau berfungsi sebagai 'raja sementara' Thailand.

Kini rakyat Thailand bisa berbangga hati karena mereka memiliki raja baru. Secara resmi parlemen Thailand menunjuk raja baru untuk menggantikan posisi Bhumibol yang kosong pada Kamis (1/12/2016) kemarin. Raja baru Thailand tidak lain adalah putra dari Almarhum Bhumibol sendiri yang bernama Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn (64). Raja baru Thailand inipun di sebut sebagai Rama X atau raja kesepuluh dari Dinasti Chakri, Thailand.

Dia memutuskan bersedia untuk menggantikan posisi ayahnya yang sudah tiada setelah mendapat panggilan dari parlemen. Vajiralongkorn mengungkapkan alasannya mengapa Ia menerima tawaran untuk menjadi Raja di Thailand. Ia melakukan itu untuk memenuhi keinginan mendiang raja dan untuk kesejahteraan semua rakyat dan kestabilan politik di Thailand. Nantinya raja baru ini akan bernama Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun.  Departemen Hubungan Masyarakat Thailand telah mengkonfirmasi bahwa raja baru Thailand telah bertemu dengan PornpetchWichitcholchai, Presiden Dewan Perwakilan Nasional, di Istana Dusit Bangkok.

Source : sindonews.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019