Senin, 26 Desember 2016

Mengenang 12 Tahun Tsunami Aceh

Masjid Raya Baiturrahman Aceh pasca tsunami (Foto by tandapagar.com)
IndoNewz.com - Tepat hari ini Senin, 26 Desember 2016, Bangsa Indonesia khususnya Masyarakat Aceh memperingati 12 tahun Tsunami Aceh. Tentu masih melekat dalam ingatan kejadian yang menimpa Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 lalu. Pagi yang tenang di kejutkan dengan gempa bumi yang diikuti oleh gelombang Tsunami yang dahsyat.

BMKG mencatat gempa yang melanda Meulaboh dan Banda Aceh mencapai 9,1 sampai 9,3 skala richter. Kedalaman gempa kurang dari 10 km di dasar Samudera Hindia. Lokasi gempa di sebelah Barat Daya Samudera Hindia pada pagi hari. Guncangan gempa terasa sampai di hampir semua negara Asia Tenggara dan negara-negara pinggir laut Timur Benua Afrika.

Bencana yang terjadi pada hari itu, menyebabkan Aceh lumpuh parah. Air laut setinggi 10 sampai 30 meter tumpah dan menyapu Aceh. Ratusan ribu jiwa dilaporkan meninggal dunia. Bangunan-bangunan rata dengan tanah. Indonesia berduka pada hari itu. Bantuan dari berbagai pihak datang sebagai ungkapan sedih dan bela sungkawa.

Perlahan tapi pasti rakyat Aceh kembali tegar berdiri dan menata kembali hidupnya. Setelah 12 tahun kejadian duka tersebut, Pemerintah Aceh menggelar sejumlah kegiatan untuk memperingati peristiwa duka yang telah berlalu itu pada Senin, 26 Desember 2016. Pusat peringatan di gelar di Mashid Ulee Lheu, Banda Aceh.

Source : republika.co.id

Tag : 12 tahun tsunami aceh, peringatan 12 tahun tsunami aceh, mengenang 12 tahun tsunami aceh, peristiwa 12 tahun tsunami aceh, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019