Rabu, 21 Desember 2016

Mengenal Stroke : Gejala Sampai Pertolongan Pertama Pada Penderita

Kenali gejala stroke sejak dini (Gambar by apotekherbal.web.id)
IndoNewz.com - Di Indonesia, penyakit yang tergolong berbahaya dan berpotensi menyebabkan kematian adalah jantung, tekanan darah tinggi, kanker, dan stroke. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai stroke. Dilansir dari berbagai sumber kesehatan, Stroke adalah penyakit tidak menular yang mampu menyebabkan cacat dan kematian. Stroke adalah kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah, sehingga terjadi kematian sel - sel pada sebagian area di otak.

Berikut adalah gejala stroke pada umumnya :

1. Cara bicara penderita tidak jelas atau kacau, bahkan ada juga penderita yang tidak bisa bicara sama sekali walau mereka terlihat sadar.
2. Mata dan mulut pada salah satu sisi wajah penderita terlihat turun.
3. Lengan si penderita mengalami kelumpuhan saat terserang stroke, karena itu mereka tidak mampu mengangkat salah satu atau bahkan kedua lengannya.

Berikut pertolongan pertama yang dapat di lakukan pada penderita stroke :

1. Jangan dipindahkan
 Jika Anda memindahkan penderita dari tempat asal, hal itu akan membuat kemungkinan pecahnya pembuluh darah halus dalam otak akan semakin cepat terjadi. Yang perlu dilakukan adalah cukup dengan bantu penderita mengambil posisi untuk duduk supaya tidak terjatuh lagi.

2. Tarik-tarik dan tusuk daun telinga
Apabila mulut penderita terlihat kurang normal, Anda mungkin harus mencoba menarik-narik kedua telinga penderita tersebut hingga terlihat agak kemerahan. Kemudian lakukan dua kali tusukan pada ujung bawah telinga dengan jarum kecil yang sudah disterilkan sehingga darah menetes sebanyak dua kali dari masing-masing daun telinga. Dalam beberapa menit mulut penderita akan kembali normal.
 
3. Tusuk ujung-ujung jari dengan jarum
Gunakan jarum yang sudah di sterilkan (misalnya dibakar), lalu tusuk titik sekitar 1 mm dari ujung kuku. Usahakan agar setidaknya darah bisa menetes sedikit atau satu tetes cukup. Jika tidak bisa, tekan jari-jari tersebut dan dalam jangka waktu sekitar 10 menit, penderita akan sadar kembali.
 
4. Cari pertolongan medis
Saat kondisi penderita mulai pulih kembali, segeralah cari pertolongan medis. Bawalah penderita ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut. Penderita stroke harus segera mendapat pertolongan medis terhitung sebelum 6 jam sejak serangan stroke terjadi.

Cara pencegahan stroke yang dianjurkan :

1. Kontrol tekanan darah tinggi (hipertensi)
2. Turunkan kolesterol dan lemak jenuh
3. Jangan merokok
4. Kontrol diabetes
5. Menjaga berat badan yang sehat
6. Berolahraga secara teratur
7. Hindari stress
8. Tidak mengonsumsi alkohol
9. Jangan mengonsumsi obat-obatan terlarang
10. Ikuti pola makan yang sehat
11. Konsumsi obat herbal sebagai penyeimbang

Source : doktersehat.com, alodokter.com

Tag : apa itu stroke, penyebab stroke, gejala stroke, penyembuhan stroke, pencegahan stroke, pertolongan pertama penderita stroke, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019