Senin, 19 Desember 2016

Bantahan Indomaret dan Alfamart Terkait Donasi Konsumen

Persaingan indomaret dan alfamart dalam bisnis (Foto by playworld.co.id)
IndoNewz.com - Belakangan ini masyarakat dibuat heboh dengan berita donasi yang ada pada struk belanja di minimarket, di gunakan untuk kepentingan agama tertentu dan untuk kampanye politik. Dalam hal ini, dua minimarket yang sudah terkenal, Indomaret dan Alfamart, di duga sudah melakukan donasi palsu tersebut. Dalam struk belanja terdapat potongan atau donasi yang nilainya beragam, mulai dari Rp 100 - Rp 300. Sejumlah spekulasi yang beredar mengatakan bahwa donasi ini masuk ke dalam rekening suatu agama dan untuk kampanye politik salah satu calon.

Indomaret melalui Direktur Pemasaran sekaligus Juru Bicara Indomaret, Wiwiek Yusuf, menegaskan bahwa mini marketnya tidak pernah membuat program penggalangan dana untuk kegiatan politik. Indomaret hanya menyumbang ke lembaga sosial. Wiwiek juga menambahkan bahwa dana yang masuk ke Indomaret akan di donasikan untuk program perlindungan mata anak "Mataku Jendelaku" melalui Yayasan LIONS Indonesia. Program donasi itu mulai diberlakukan tanggal 1 November - 31 Desember 2016.

Setelah Indomaret melakukan bantahan dan klarifikasi, kini Alfamart pun juga melakukan hal yang sama. Bantahan tersebut disampaikan oleh Regional Manager Corporate Communication, PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT), M. Faruq Asrori pada Minggu, 18 Desember 2016. Faruq mengatakan bahwa donasi yang dikumpulkan Alfamart disalurkan ke sejumlah yayasan kredibel yang diketahui publik dan semuanya bisa dilacak dan terbuka untuk diketahui masyarakat.

Sejumlah lembaga yang mengelola donasi itu adalah Palang Merah Indonesia (PMI), Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI), Yayasan Berani Bhakti Indonesia, Habitat for Humanity, Yayasan Relawan Kampung Indonesia dan Yayasan BM Cinta Indonesia. Sepanjang tahun 2015, Alfamart telah menyalurkan donasi konsumen lebih dari Rp 33 miliar untuk membiayai 9 program bersama lembaga-lembaga tersebut. Menurutnya, terkait isu yang beredar, Ia mengatakan kalau penyebaran informasi di media sosial terkait program donasi Alfamart, telah dipelintir oleh pihak tertentu.

Source : tempo.co, detik.com

Tag : struk donasi indomaret, struk donasi alfamart, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019