Kamis, 22 Desember 2016

Tanggapan Keluarga Terkait Gambar Cut Meutia Tak Berjilbab

Gambar Cut Meutia pada pecahan uang kertas Rp 1.000 terbaru (Gambar by newsth.com)
IndoNewz.com - Pihak Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan seri uang Rupiah terbaru pada Senin, 19 Desember lalu. Namun, perdebatan terjadi setelah masyarakat Aceh memprotes gambar salah satu pahlawan yang terdapat pada pecahan uang kertas Rp 1.000, yakni Cut Meutia. Dalam gambar itu, Cut Meutia dianggap tidak berpenampilan sesuai syariat yang ada di Aceh.

Dalam gambar itu, Cut Meutia tidak menggunakan kerudung dan digambarkan seperti orang Tionghoa. Menanggapi protes yang beredar, keluarga besar Cut Meutia yang di wakili oleh cucu kandungnya, Teuku Rusli, menjelaskan bahwa pihak keluarga sama sekali tidak memiliki gambar resmi mengenai neneknya itu.

Terkait tampilan gambar Cut Meutia pada pecahan uang kertas Rp 1.000 itu, pihak keluarga pernah diundang oleh pihak BI untuk mendiskusikannya. Kemudian disetujuilah gambar Cut Meutia tidak mengenakan jilbab. Pihak keluarga menambahkan kalau zaman dulu tidak pernah ada foto-foto, kecuali yang tinggal di Banda Aceh. Dalam Islam pun juga dilarang untuk melukis makhluk hidup.

Terkait polemik yang terjadi, Sejarawan Aceh, Rusdi Sufi menjelaskan bahwa wanita Aceh pada zaman dulu memang tidak mengenakan jilbab sebagai penutup kepala. Mereka hanya memakai ija sawak (selendang) atau sanggul yang menjulang ke atas. Jilbab sendiri di Aceh baru ramai di pakai setelah Aceh menerapkan Syariat Islam sejak awal tahun 2002. Beberapa wanita pejuang Aceh juga terlihat tidak mengenakan penutup kepala seperti terlihat pada foto mereka yang dimiliki oleh sejarawan.

Source : detik.com

Tag : cut meutia, cut meutia pada uang pecahan rp 1.000, cut meutia tidak mengenakan jilbab, polemik cut meutia tidak mengenakan jilbab, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019