Senin, 19 Desember 2016

Tragedi Hercules Yang Jatuh di Wamena

Pesawat Hercules TNI AU yang jatuh di Wamena (Foto by tribunnews.com)
IndoNewz.com - Kembali pesawat Hercules mengalami kecelakaan. Kali ini menimpa jenis pesawat Hercules C-130 HA-1334 yang terjatuh di Pegunungan Wamena pada saat penerbangan dari Timika. Pesawat yang mengangkut 12 kru termasuk pilot jatuh pada Minggu, 18 Desember 2016 kemarin. Misi penerbangan pesawat Hercules C-130 itu adalah dalam rangka peningkatan kompetensi dari co-pilot menjadi kapten pilot.

Menurut Komandan Pangkalan Udara Abdulrachman Saleh, Marsekal Pertama TNI RM Djoko Senoputro, menjelaskan bahwa pesawat diterbangkan dari Pangkalan TNI AU Abdulrachman Saleh yang bermarkas di Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada Sabtu, 17 Desember 2016 pukul 04.00 WIB. Pesawat dijadwalkan kembali ke Malang pada Rabu, 21 Desember 2016.

Djoko juga menambahkan, bahwa pesawat yang jatuh tersebut sedang menjalani tugas latihan Navex (terbang navigasi jarak jauh). Tugas latihan tersebut tertuang dalam dalam Surat Perintah Terbang (SPT) Nomor. SPT/2799/XII/2016 yang ditandatangani oleh Djoko sendiri. SPT itu dibuat berdasarkan telegram Panglima Komando Pelaksanaan Operasi TNI Angkatan Udara 2 (Pangkoopsau 2) Makassar No. T/3982//16 Tgl 1216.

Rencananya hari Senin, 19 Desember 2016, Panitia Penyidik Kecelakaan Pesawat Udara (PPKPU) Markas Besar TNI Angkatan Udara, akan melakukan penyelidikan mencari tahu penyebab jatuhnya pesawat Hercules C-130 itu. Tim investigasi Mabes TNI AU akan ke lokasi melihat langsung tempat kejadian. Hal ini untuk mengetahu penyebab kecelakaan pesawat yang meliputi 5M, yakni manusia, material, media, misi dan manajemen.

Source : tempo.co

Tag : pesawat tni au jatuh, pesawat hercules jatuh, hercules c-130 ha-1334 jatuh, kecelakaan pesawat tni au, kecelakaan pesawat hercules di wamena, pesawat tni au jatuh di wamena, pesawat hercules jatuh di wamena, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi