Sabtu, 10 Desember 2016

Heboh Muncul Nama 'Ahok' Dalam Soal Ujian

Nama Ahok muncul dalam soal ujian di Purbalingga (Foto by kini.co.id)
IndoNewz.com - Ada kejadian yang tidak terduga dalam Ujian Akhir Semester Kelas IX di SMP Muhammadiyah 1 Purbalingga, Jawa Tengah yang berlangsung (2/12/2016) kemarin. Dalam ujian mata pelajaran Tarikh atau sejarah perkembangan Islam, terdapat soal yang menimbulkan kehebohan karena memasukkan nama Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ke dalam soal.

Soal ujian yang ada nama Ahok itu terdapat pada soal No. 48 yang berbunyi, "Siapakah nama calon Gubernur Jakarta yang melecehkan Alquran saat ini?" Pada soal itu terdapat pilihan jawaban sebagai berikut : A. Paijo B. Ahik C. Ken Arok D. Basuki Candra (Ahok)

Pimpinan Muhammadiyah Purbalingga sangat menyesalkan kejadian tersebut yang mencantumkan nama Ahok ke dalam soal ujian. Atas kejadian itu, Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (PDM) Purbalingga, Sukamto, langsung memberikan surat teguran terhadap guru yang membuat soal ujian tersebut pada Senin, (5/12/2016) kemarin.

Diketahui nama guru yang bersangkutan adalah Jumanto. Dia adalah guru Bimbingan Konseling di SMP Muhammadiyah 1, Purbalingga. Guru yang bersangkutan telah membuat permintaan maaf tertulis. Dalam suratnya dirinya mengaku bahwa dia dikejar deadline dalam pembuatan soal ujian. Ia juga menambahkan kalau dirinya sedang dalam kondisi lelah dan kurang fokus dalam membuat soal.

Alasan lain kenapa Ia membuat soal itu karena soal yang sudah dibuatnya dan tersimpan di dalam komputer sekolah hilang karena rusak. Dia mengakui bahwa soal yang dibuatnya tidak sesuai dengan ajar. Dirinya juga beranggapan bahwa tak ada niat untuk membuat soal yang dapat menimbulkan perbedaan pendapat.

Source : detik.com

Tag : gubernur dki jakarta, basuki tjahaja purnama, ahok, soal ujian smp muhammadiyah, ahok ada di soal ujian, smp muhammadiyah 1 purbalingga

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019