Selasa, 27 Desember 2016

Tips Hadapi Saat Datang Terlambat Wawancara Kerja

Jangan panik saat interview kerja (Foto by duniakaryawan.com)
IndoNewz.com - Melamar pekerjaan adalah hal yang pernah dilakukan oleh banyak orang, terlebih bila orang tersebut baru saja lulus dari pendidikannya. Bisa mendapatkan pekerjaan yang diimpikan adalah keinginan setiap orang. Tapi untuk bisa mendapatkan pekerjaan, ada beberapa tahap yang harus di lalui, mulai dari membuat surat lamaran, wawancara, hingga tanda tangan kontrak kerja.

Setelah menunggu cukup lama, akhirnya panggilan wawancara datang juga. Kamu merasa sangat bersemangat untuk menghadirinya. Namun apa jadinya bila kamu datang terlambat saat wawancara pekerjaan. Berikut adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya :

1. Jangan panik
Hal yang wajar bila kamu merasa panik saat datang terlambat untuk wawancara kerja. Kamu akan membayangkan reaksi si pewawancara yang akan mempengaruhi kepercayaan diri kamu. Tidak sedikit pula yang akhirnya merasa takut, ragu-ragu, dan malu untuk ikut wawancara. Namun, apapun kondisi kamu saat itu, kamu tetap harus bisa mengontrol pikiran kamu. Jangan biarkan rasa takut membayangi langkahmu. Jangan pernah menyerah dengan kondisi yang membuat semangatmu menjadi turun. Kamu harus tetap fokus dan tenang dalam menghadapi wawancara.

2. Memberi kabar
Sebisa mungkin kamu memiliki atau menyimpan nomor si pewawancara sebelum pergi untuk menemuinya. Karena segala kemungkinan bisa terjadi yang akhirnya dapat menyebabkan kamu untuk datang terlambat wawancara. Jika waktu wawancara sudah hampir tiba dan kamu masih berada jauh dari tempat wawancara, maka kamu bisa menghubungi si pewawancara dan menjelaskan hal yang sebenarnya.

3. Tenangkan diri
Jangan biarkan rasa panik memenuhi pikiran kamu karena hal itu akan mengacaukan kamu saat wawancara. Pastikan diri kamu sudah merasa tenang sebelum memasuki ruang wawancara. Jika kamu merasa tenang, maka kepercayaan dirimu akan kembali hadir.

4. Siapkan alasan sederhana
Jangan buat alasan yang rumit saat si pewawancara menanyakan alasan keterlambatan kamu. Hal itu justru akan mempersulit diri kamu sendiri dan membuat si pewawancara menilai kamu adalah pribadi yang tidak bisa bertanggung jawab terhadap waktu. Buatlah alasasan yang sederhana dan masuk akal agar si pewawancara tidak terlalu fokus dengan alasan keterlambatan kamu.

5. Minta maaf
Sebisa mungkin kamu meminta maaf kepada si pewawancara mengenai keterlambatan kamu. Hal ini penting dilakukan untuk menghargai si pewawancara yang sudah mau untuk menunggu kamu.

6. Berikan jawaban terbaik
Jika kamu datang terlambat wawancara, si pewawancara akan memandang kamu sebagai pribadi yang kurang menghargai waktu. Oleh karena itu, sebisa mungkin kamu harus memberikan jawaban-jawaban yang dapat memuaskan hati si pewawancara. Dengarkan pertanyaan dengan baik lalu berikan jawaban setelah pertanyaan selesai. Jangan sekali-kali kamu menyela pembicaraan si pewawancara, karena hal itu kurang disuka dalam wawancara.

7. Ucapkan terima kasih
Satu atau dua hari setelah wawancara, tidak ada salahnya jika kamu mengirim pesan kepada si pewawancara untuk sekedar mengucapkan terima kasih karena telah bersedia menunggu dan meluangkan waktu untuk mewawancarai kamu.

Source : tempo.co

Tag : tips menghadapi telat wawancara, tips hadapi datang telat wawancara, cara menghadapi telat wawancara, cara hadapi datang telat wawancara, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019