Kamis, 29 Desember 2016

Pemerintah Indonesia Kirim Bantuan ke Rohingya

Warga Muslim Etnis Rohingya di Myanmar (Foto by moslemtoday.com)
IndoNewz.com - Sejak terjadinya konflik yang menimpa warga Muslim etnis Rohingya di Myanmar 9 Oktober 2016 lalu, jumlah pengungsi dikabarkan meningkat. Menurut data UNHCR, tercatat ada 32 ribu jumlah pengungsi pada dua kamp pengungsi di Bangladesh. Selain itu terdapat juga 200 ribu pengungsi yang tinggal di perbatasan Myanmar dan Bangladesh.

Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) sudah melakukan diplomasi dengan pemerintah Myanmar terkait pengungsi di Rohingya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Pemerintah Myanmar untuk membuka perbatasan supaya bisa memenuhi kebutuhan warga Muslim Rohingya. Presiden menegaskan perlunya penegakan HAM dan kehormatan bagi komunitas Muslim.

Setelah melakukan diplomasi dengan pemerintah Myanmar, Pemerintah Indonesia mengirimkan bantuan kepada warga Rohinya Kamis, 29 Desember 2016. Sebanyak 10 kontainer yang berisikan mi instan, makanan bayi, dan sarung dikirimkan melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Presiden Jokowi mengatakan bahwa bantuan tersebut berasal dari masyarakat, pengusaha, dan pemerintah.

Pemerintah berharap agar bantuan itu bisa diterima dengan baik oleh para pengungsi warga Muslim Rohingya. Presiden juga turut mendoakan agar kepedulian dan kedamaian tercipta di Rakhine State, Myanmar.

Source : tempo.co

Tag : pemerintah kirim bantuan ke rohingya, pemerintah kirim bantuan pengungsi myanmar, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi