Senin, 26 Desember 2016

Tips Liburan Anak Hemat dan Menyenangkan

Kegiatan mengisi liburan anak di rumah (Foto by aktualita.co)
IndoNewz.com - Liburan sekolah sudah tiba, sudah pasti orang tua akan dibuat bingung dengan pertanyaan, "Liburan mau pergi kemana?". Bagi orang tua yang tidak memiliki dana yang lebih dan waktu karena harus bekerja, peran bijak orang tua diperlukan untuk menyiasati hal ini.

Orang tua dituntut untuk bisa jeli dalam memilih liburan untuk anaknya. Di satu sisi bisa memenuhi keinginan anak dan di sisi lain bisa mengatur keuangan dengan lebih baik. Bagi orang tua yang memiliki masalah tersebut, mungkin tips liburan berikut ini bisa di coba :

1. Mendekorasi kamar tidur anak
Kamar tidur anak mulai terlihat membosankan. Anda bisa mengajak anak untuk mendekorasi ulang kamar tidurnya. Biarkan anak memilih tema yang diinginkan untuk kamar tidurnya. Dengan mengajak anak mendekorasi kamar tidur miliknya, imajinasi dan kreatifitas anak akan terasah dan ini bagus untuk tumbuh kembangnya. Selain itu, biaya yang diperlukan untuk mendekorasi kamar anak juga bisa di atur dan orang tua bisa berhemat untuk itu.

2. Menata ulang lemari pakaian dan meja belajar anak
Setelah mendekor ulang kamar anak selesai dilakukan, berikutnya adalah menata ulang lemari pakaian anak. Sering kali anak mengambil dan meletakan pakaiannya dengan sembarangan, sehingga terlihat berantakan dan tidak rapi. Dengan mengajaknya menata ulang lemari pakaiannya, anak akan menjadi orang yang teratur dan terorganisir, sehingga rasa tanggung jawabnya akan berkembang. Bukan hanya lemari pakaiannya saja, meja belajar anak juga harus di tata ulang supaya anak kembali semangat untuk belajar.

3. Mengenalkan anak permainan tradisional
Selama sekolah anak hanya bermain dengan gadget karena tidak memiliki waktu yang banyak. Alangkah baiknya bila liburan tiba, orang tua bisa mengajak anak untuk bermain dengan permainan tradisional, seperti congklak, yoyo, kelereng, dan lain sebagainya. Orang tua juga bisa mengajak anak untuk membuat sendiri mainan tradisional. Hal ini bagus dilakukan karena dapat mengasah kecerdasan, kreatifitas, dan juga kerja sama.

4. Daur ulang barang bekas
Di rumah banyak barang bekas yang tidak terpakai sehingga jika dibiarkan akan menumpuk dan membuat rumah menjadi kotor. Orang tua bisa mengajak anak untuk memanfaatkan barang bekas atau mendaur ulang untuk di jadikan benda yang berguna. Hal ini bagus untuk dilakukan karena bisa membuat anak mengerti tentang daur ulang. Selain itu, kreatifitas anak juga akan terasah dan orang tua pun tidak akan keluar uang terlalu banyak.

5. Berkebun
Jika rumah memiliki halaman yang luas, kegiatan berkebun akan terasa mudah untuk dilakukan. Tapi bila rumah tidak memiliki halaman yang luas, berkebun bisa dilakukan dengan menggunakan pot sebagai media tanamnya. Pilihlah tanaman yang mudah untuk dirawat agar anak senang untuk melakukannya. Dengan berkebun, anak bisa belajar tentang kesabaran dan ketekunan.

Dengan ide-ide liburan di atas, orang tua bisa mengajarkan anak berbagai macam hal yang baik untuk tumbuh kembangnya. Kesabaran dan kreatifitas orang tua sangat berperan dalam hal ini. Jika anak mau dan berhasil dalam melakukan ide-ide tersebut, jangan lupa untuk memberinya sebuah reward sebagai bentuk penghargaan. Setiap orang tua tentunya ingin bisa membahagiakan anak-anaknya, tetapi terkadang situasi dan kondisi di lapangan tidak seperti harapan. Karena itu orang tua harus pandai-pandai dalam menyiasati liburan anak.

Source : family.fimela.com

Tag : mengisi liburan anak, orang tua mengajak anak liburan, liburan anak murah meriah, liburan anak hemat biaya, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019