Sabtu, 17 Desember 2016

Kebaikan Mengonsumsi Kopi Bagi Tubuh

Manfaat yang didapat dari mengonsumsi kopi (Foto by hellosehat.com)
IndoNewz.com - Sekali seumur hidup, banyak orang pasti pernah meminum kopi. Kopi memang menjadi minuman yang dicari jika suasana sedang dingin atau saat seseorang sedang ingin bersantai sejenak. Dahulu kopi hanya dinikmati oleh kalangan orang tua saja. Tapi sekarang, banyak bermunculannya kedai - kedai kopi di Indonesia, dari yang di pinggir jalan sampai yang ada di dalam mall, dari yang harganya ribuan sampai ratusan ribu untuk sekali minum.

Sekarang pencinta kopi sudah mulai banyak dan tidak terbatas hanya kepada orang tua saja. Para anak muda juga sudah menyukai mengonsumsi kopi. Meski begitu tidak sedikit juga orang yang tidak menyukai minum kopi. Alasan mereka tidak menyukai kopi pun beragam. Tapi di balik nikmatnya mengonsumsi kopi, ternyata tersimpan kebaikan di dalam kopi yang kita minum.

Berikut adalah kebaikan yang kita dapat dengan mengonsumsi kopi :

1. Menambah energi
Kafein dalam kopi mampu meningkatkan energi, baik fisik dan mental. Selain itu, kafein juga bisa meningkatkan konsentrasi dan kinerja fisik.
 
2. Memperbaiki suasana hati
Kandungan antioksidan dalam kopi dipercaya mampu memperbaiki suasana hati dan membuat bahagia. Menurut penelitian, orang yang minum 3 - 4 gelas kopi per hari, memiliki risiko yang lebih rendah terhadap depresi.
 
3. Menurunkan risiko diabetes
Polifenol dan asam klorogenik pada kopi mampu mencegah diabetes dan mengontrol glukosa. Mengonsumsi kopi secara teratur mampu mengurangi diabetes tipe 2.
 
4. Menurunkan berat badan
Kopi bisa menjadi stimulan dan sumber energi yang meningkatkan stimulasi panas tubuh untuk membakar kalori. Kopi mampu untuk menekan nafsu makan. Mengonsumsi kopi di sore hari bisa mengurangi keinginan untuk memakan makanan ringan dan permen.
 
5. Mencegah sakit liver
Antioksidan yang terkandung dalam kopi melindungi peradangan dan penyakit yang menyebabkan radikal bebas atau racun. Minum 2 - 3 cangkir kopi setiap hari bisa mengurangi risiko penyakit hati, seperti cirrohosis dan non lemak hati alkoholik.
 
6. Baik untuk jantung
Mengonsumsi kopi secara teratur ternyata dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular dan meminimalkan risiko stroke sekitar 20 persen.
 
7. Mencegah Alzheimer
Minum beberapa cangkir kopi sehari ternyata mampu untuk mengurangi risiko penyakit alzheimer sebesar 60 persen.

Meskipun kopi memiliki kebaikan, tetapi semua kebaikan itu tidak akan berguna bila kita mengonsumsi kopi secara berlebihan. Segala yang baik akan terasa baik bila sesuai dengan aturan yang ada.

Source : tempo.co

Tag : manfaat kopi, kebaikan kopi, minum kopi, efek kopi, kopi untuk tubuh, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019