Kamis, 22 Desember 2016

Calon PM Muslim Wanita Romania

Sevil Shhaideh, calon PM Romania beragama Muslim (Foto by enational.ro)
IndoNewz.com - Rumania atau yang lebih sering di baca dengan Romania, merupakan sebuah negara yang terletak di Eropa Tengah. Dengan ibu kota di Bukares, penduduk Romania 80 persennya adalah penganut Kristen Ortodoks. Penduduk Muslim di sana tidak sampai satu persen saja.

Namun ada yang menarik setelah dilakukannya pemilu pada 11 Desember 2016 kemarin, yaitu Sevil Shhaideh, wanita Muslim dari minoritat Tatar di calonkan untuk menjadi Perdana Menteri (PM). Sevil Shhaideh di calonkan oleh Partai Demokrat Sosial yang meraih kemenangan dalam pemilu dengan raihan 45 persen suara.

Dalam tradisinya, pemimpin partai terbesar di Rumania akan otomatis ditunjuk langsung oleh presiden untuk menjadi Perdana Menteri. Namun, pemimpin Partai Demokrat Sosial yang bernama Liviu Dragnea, telah divonis bersalah oleh pengadilan setempat, maka dirinya tidak di ijinkan untuk menjadi seorang Perdana Menteri.

Liviu Dragnea di vonis atas dakwaan atas kecurangan pemilu dan mendapat hukuman percobaan selama dua tahun pada bulan April lalu. Dalam peraturan yang ada di negara tersebut, seorang Perdana Menteri yang akan di tunjuk oleh presiden harus bersih dari vonis pidana atau tidak sedang menjalani proses hukum. Hal itu di sampaikan langsung oleh Presiden Rumania, Klaus Iohannis.

Oleh karena itu, Partai Demokrat Sosial yang telah berkoalisi dengan Partai Aliansi Liberal dan Demokrat, sepakat mencalonkan Sevil Shhaideh untuk menjadi calon Perdana Menteri. Kedua partai yang sudah menguasai kursi mayoritas di parlemen menganggap bahwa Sevil Shhaideh adalah orang yang cocok mengingat dirinya dikenal dekat dengan pemimpin partai Liviu Dragnea.

Sevil Shhaideh pernah menjabat sebagai Menteri Pembangunan Daerah selama enam bulan karena harus menggantikan Liviu Dragnea yang pensiun pada tahun 2015. Sebelumnya menjabat menteri, Sevil adalah sekretaris dari Dragnea. Sevil yang berumur 52 tahun menjalani sebagian besar karirnya di Constanta, Pelabuhan di Laut Hitam.

Source : detik.com

Tag : perdana menteri rumania, perdana menteri muslim pertama rumania, perdana menteri muslim rumania, perdana menteri wanita rumania, perdana menteri wanita muslim rumania, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Peduli dan Berbagi