Senin, 19 Desember 2016

Tempat Penukaran Seri Uang Desain Terbaru

Contoh desain uang terbaru yang diluncurkan BI (Gambar by tribunnews.com)
IndoNewz.com - Bank Indonesia (BI) selaku lembaga yang berwenang dalam melakukan pengeluaran, pengedaran, dan penarikan rupiah, telah mengeluarkan satu seri uang rupiah Tahun Emisi (TE) 2016 pada Senin, 19 Desember 2016.

Uang rupiah baru yang dikeluarkan terdiri dari 7 pecahan rupiah kertas dan 4 pecahan rupiah logam yang bergambar pahlawan nasional. Uang rupiah kertas baru yang akan dikeluarkan terdiri dari nominal Rp 100.00, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000 dan Rp 1.000. Sedangkan untuk pecahan logam baru terdiri dari nominal Rp 1.000, Rp 500, Rp 200 dan Rp 100.

Dijelaskan oleh Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia, Suhaedi, nantinya uang baru tersebut akan dilengkapi dengan unsur pengamanan yang lebih kuat untuk menanggulangi peredaran uang palsu. Unsur pengamanan yang dimaksud meliputi, color shifting, rainbow feature, latent image, ultra violet feature, tactile effect dan rectoverso.

Setelah dilakukan peluncuran uang baru, masyarakat di beri waktu selama lima tahun untuk menukarkan uang lama dengan uang baru di seluruh cabang Bank Indonesia. Setelah periode lima tahun, masyarakat masih dapat menukarkan uang lama dalam jangka waktu sepuluh tahun  setelah di umumkan penarikan.

Untuk bisa mendapatkan uang desain baru ini, masyarakat bisa menukarkan uang lama dengan yang baru di tempat yang sudah ditunjuk oleh Bank Indonesia (BI). Dilansir dari BI, masyarakat bisa melakukan penukaran di Blok M Square, Jakarta Selatan mulai pukul 11.00 WIB. 

Adapun gambar pahlawan dalam uang rupiah yang baru adalah sebagai berikut :

1. Dr. Ir. Soekarno : Presiden Pertama Republik Indonesia
2. Drs. Mohammad Hatta : Proklamator Kemerdekaan Bangsa
3. Ir. H. Djuanda Kartawidjaja : Pengukuh Kedaulatan Indonesia
4. Dr. G.S.S.J. Ratulangi : Gubernur Pertama Sulawesi
5. Frans Kaisiepo : Pahlawan Kemerdekaan Indonesia
6. Dr. K.H. Idham Chalid : Guru Besar Nahdlatul Ulama
7. Mohammad Hoesni Thamrin : Perintis Revolusi Kemerdekaan Indonesia
8. Tjut Meutia : Pejuang Kemerdekaan Dari Kolonial Belanda
9. Mr. I Gusti Ketut Pudja : Tokoh Penentu NKRI
10. Letjen TNI T.B. Simatupang : Pelindung Kemerdekaan Indonesia
11. Dr. Tjipto Mangunkusumo : Pendiri Tiga Serangkai
12. Prof. Dr. Ir. Herman Johannes : Pejuang Paripurna Indonesia

Source : detik.com

Tag : bank indonesia, uang rupiah baru, pecahan rupiah baru, pahlawan uang baru, tukar uang lama, tukar uang baru, indonewz, indonewz.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
close
Kalender Meja 2019